Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

XL Menampilkan Aplikasi m-Fish di Ajang Temu Kreatif Nasional 2015

644
XL_mFish
foto : istimewa

Jakartakita.com –  PT XL Axiata Tbk (XL) menampilkan aplikasi mFish dan aplikasi layanan digital unggulan lainnya dalam pameran bertajuk “Dari Indonesia Untuk Dunia Exhibition” di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Banten, Selasa (4/7/2015).

Selain aplikasi untuk nelayan tersebut, XL juga menampilkan aplikasi listrik pintar “Simply”, dan uang elektronik “XL Tunai”.

Ketiganya merupakan produk layanan digital hasil inovasi XL yang diharapkan akan banyak berperan dalam menyiapkan masyarakat luas dalam menyongsong era digital.

Aplikasi m-Fish sendiri adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, juga penunjuk arah pulang.

“Selebihnya, mFish juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan,” ujar Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, di hadapan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang membuka kegiatan pameran tersebut.

Ditambahkan, dalam mengembangkan mFish, XL sekaligus juga memanfaatkan potensi industri dalam negeri.

Untuk penyediaan ponsel pintar bagi para nelayan, misalnya, XL menggunakan produk dalam negeri. Demikian juga untuk penyediaan data terkait cuaca, XL juga memanfaatkan data-data dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Guna meningkatkan manfaat aplikasi ini, XL juga menjalin kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwewenang dalam masalah perikanan laut,” jelasnya lagi.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi dari teman-teman di XL yang melahirkan aplikasi digital mFish ini. Aplikasi ini menunjukkan kepada kita bahwa teknologi digital memiliki manfaat bagi siapa saja, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyatakat kecil di pelosok daerah sekalipun, yang pada ujungnya juga akan ikut memajukan perekonomian rakyat. Seperti itulah visi pemerintah yang memang hendak menggerakkan industri digital nasional untuk bersama mendukung percepatan pembangunan,” tandas Presiden Jokowi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: