Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Menang 5-0, Dortmund Melaju ke Babak Playoff Liga Eropa

480
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Borussia Dortmund memastikan melaju ke babak playoff Liga Eropa setelah dalam laga leg kedua babak kualifikasi ketiga menang 5-0 atas tamunya klub Austria, Wolfsberger AC, di Signal Iduna Park, Jumat (7/8/2015) dini hari WIB. Dengan hasil ini, Dortmund unggul dengan agregat akhir 6-0, karena menang 1-0 di leg pertama.

Marco Reus membawa Dormund unggul pada menit ke-48, menyelesaikan umpan silang mendatar yang diluncurkan gelandang asal Armenia, Henrik Mkhitaryan, dari sayap kiri. Striker Pierre-Emerick Aubameyang kemudian menggandakan keunggulan Dortmund dengan sebuah tendangan yang melewati hadangan kiper tim tamu, setelah menerima umpan terobosan Ilkay Gundogan.

Mkhitaryan lalu mencetak hattrick, dengan gol-gol pada menit ke-73, 82, dan 86. Gol pertama dari trigol-nya ditorehkan lewat tendangan keras dari luar kotak penalti Wolfsberger. Gol kedua melalui tendangan keras dari dalam kotak penalti, sedangkan gol ketiga kembali lewat tembakan dari luar kotak penalti.

soton
foto: espn

Sementara itu, nasib berbeda dialami dua wakil Inggris, yaitu Southampton dan West Ham United. Southampton melaju ke babak playoff setelah pada leg kedua babak kualifikasi ketiga menang 2-0 di kandang Vitesse Arnhem, Stadion Gelredome, Kamis dini hari tadi. Graziano Pelle mencetak gol pertama Soton pada menit keempat, yang kemudian digandakan Sadio Mane pada menit ke-89. Dengan hasil ini Soton unggul agregat gol akhir 5-0.

Keberhasilan Soton melaju ke babak playoff tentu menjadi pelipur lara tersendiri bagi pelatih klub tersebut, Ronald Koeman, yang mengalami cedera achilles saat memimpin sebuah sesi latihan jelang laga lawan Vitesse. Koeman akan menjalani operasi terkait cedera yang dialaminya.

foto: espn
foto: espn

Langkah West Ham di kompetisi Liga Eropa terhenti di babak kualifikasi ketiga karena kalah 1-2 saat bertandang ke markas FK Astra Giurgiu, Stadionul Marin Anastasovici. Sempat unggul cepat pada menit ketiga lewat Manuel Lanzini, tuan rumah lalu membalas melalui dua gol Constantin Budescu pada menit ke-32 dan 36. Akibatnya West Ham tersingkir dengan agregat gol akhir 3-4, karena hanya bermain imbang 2-2 di leg pertama.

Langkah klub Italia Sampdoria juga terhenti di babak kualifikasi ketiga, meski menang 2-0 di kandang Vojvodina, Karadorde Stadium, pada pertandingan leg kedua dini hari WIB tadi. Gol-gol Il Samp dicetak Citadin Eder pada menit ke-15 dan Luis Muriel pada menit ke-70. Sampdoria tetap tersingkir karena pada leg pertama di kandang sendiri kalah 0-4, dan agregat gol akhir kalah 2-4.

Klub Spanyol Athletic Bilbao hanya bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah Inter Baku di Shafa Stadium juga dini hari WIB tadi, namun tetap lolos karena unggul 2-0 di pertemuan pertama.

Dortmund, Southampton, dan Bilbao selanjutnya akan menghadapi babak playoff bersama 41 tim lainnya, dengan pengundian akan dilakukan pada Jumat (7/8/2015). Termasuk dalam tim-tim ini adalah tim yang telah tersisih dari kualifikasi Liga Champions, seperti Ajax Amsterdam, Fenerbahce, Sparta Prague, dan Panathinaikos.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: