Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hari Ini Korea Utara Punya Zona Waktu Baru

210
zona waktu baru - korea utara
foto : istimewa

Jakartakita.com – Selalu ada hal baru yang menarik perhatian masyarakat dunia, yang dilakukan Pemerintah Korea Utara di bawah kepemimpinan Kim-jong Un.

Yang terbaru adalah, Korea Utara punya zona waktu baru dengan memundurkan waktu selama 30 menit dari waktu sebelumnya. Zona waktu baru ini akan berlaku mulai Sabtu (8/8/2015) ini.

Hal ini dilakukan untuk menandai Peringatan 70 Tahun pembebasan Korea dari penjajahan Jepang.

“Imperialis Jepang melakukan kejahatan yang tak bisa dimaafkan, mereka merampas harta milik bangsa Korea bahkan standar waktu. Mereka juga menginjak-injak tanah yang memiliki sejarah 5.000 tahun,” tulis kantor berita Korea Utara, KCNA, Jumat (7/8/2015) kemarin.

Asal tahu saja, sebelumnya, Korea Utara berada di zona waktu 9 jam lebih cepat dari waktu standar GMT, sama dengan tetangganya Korea Selatan dan Jepang.

Adapun zona waktu yang baru ini, sama dengan zona waktu di Semenanjung Korea sebelum dijajah Jepang pada 1910, yaitu 8,5 jam lebih cepat dari GMT.

Namun demikian, kebijakan menetapkan zona waktu baru ini dikhawatirkan bisa mengganggu upaya untuk meredakan ketegangan kedua Korea.

Zona waktu baru ini juga dikhawatirkan bakal mengganggu ritme kerja di zona industri Kaesong yang dikelola kedua negeri bertetangga itu.

“Dalam jangka panjang kemungkinan akan muncul kesulitan untuk mempersatukan standar dan mengurangi perbedaan di antara kedua negara,” kata seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Jeong Joon-hee, seperti dilaporkan BBC.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: