Take a fresh look at your lifestyle.

Jokowi Lantik 6 Menteri Baru

0 1,090
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Hari ini, Rabu (12/8/2015), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Kerja. Pelantikan dilakukan setelah Jokowi melantik Rano Karno menjadi Gubernur Banten di Istana Negara, Jakarta.

Related Posts
1 daripada 223

Pelantikan dimulai pukul 13.25 WIB di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015). Berjejer dari kanan ke kiri, Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong yang menjadi Mendag. Mereka semua mengenakan jas hitam dan kopyah warna senada.

Proses pelantikan diawali pembacaan surat keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat dan pengangkatan menteri.

Penetapan keenam menteri baru itu diatur dalam Keputusan Presiden nomor 79/P tahun 2015 tentang pergantian beberapa menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 dan Keppres nomor 80/P tahun 2015 tentang pemberhentian dan pengangkatan Sekretaris Kabinet.

Dua aturan ini berisi pemberhentian atas Tedjo Edhi Purdijatno sebagai Menko Politik, Hukum, dan Keamanan, Sofyan Djalil sebagai Menteri Koordinator Perekonomian, Andrinof Chaniago sebagai Kepala Bappenas, Indroyono Soesilo sebagai Menko Kemaritiman, Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan, dan Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet. Aturan itu juga berisi pengangkatan terhadap enam menteri baru yang dilantik hari ini.

Tinggalkan komen