Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Garda Oto Raih Penghargaan Sebagai Indonesia Most Recommended Brand 2015

189
L. Iwan Pranoto, Head of  Communication & Event Asuransi Astra (tengah) berfoto saat menerima  penghargaan WOMMA 2015
foto : istimewa

Jakartakita.com – Garda Oto kembali meraih penghargaan sebagai Indonesia Most Recommended Brand di ajang Word of Mouth Marketing Award 2015 untuk kategori asuransi mobil.

“Penghargaan yang diterima Garda Oto tahun ini harus disikapi dengan semangat berkarya dan melayani. Apalagi sebentar lagi kita akan memperingati Hari Pelanggan Nasional, rasanya penghargaan ini bisa menjadi penyemangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar ke depan Garda Oto tetap menjadi merek yang paling banyak direkomendasikan oleh masyarakat,” kata L. Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra Garda Oto, usai menerima penghargaan di Hotel Intercontinental, Jakarta, pada hari Kamis (13/8/2015) lalu.

Word of Mouth Marketing Award adalah penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bekerjasama dengan Onbee Marketing Research.

Tahun ini, survei dilakukan terhadap 3.011 responden berusia 15-55 tahun. Tujuannya yaitu untuk mengukur merek apa saja yang paling direkomendasikan pelanggan.

Adapun kriteria responden diklasifikasikan berdasar jenis kelamin dengan SES A hingga E. Teknik pemilihan responden menggunakan multistage random sampling. Booster ditambahkan pada beberapa kategori produk dengan purposive random sampling untuk keperluan asumsi analisis. Sementara, wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dan Computer Assisted Telephone Interviewing dengan menggunakan daftar pertanyaan terstruktur.

Surveinya sendiri dilakukan dari Maret sampai April 2015 di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar.

Metodologi survei untuk menghasilkan the most recommended brand ditentukan berdasarkan skor WOMM Index (WOMMI) tertinggi di tiap kategori produk. Skor dihitung melalui formulasi antara fungsi word of mouth (advocacy equity) dan fungsi jejaring sosial (network equity) sebagai faktor multiplier.

Fungsi word of mouth terdiri dari tiga variabel, yaitu: Talking (sejauh mana sebuah merek memiliki cerita menarik untuk diceritakan pelanggan), Promoting (bagaimana merek direkomendasikan dengan positif oleh pelanggan), Selling (bagaimana cerita tersebut bisa jadi faktor yang mengonversi orang lain untuk membeli produk yang direkomendasikan).

Sementara itu, jejaring sosial dalam survei WOMM ini menunjukkan sejauh mana penyebaran WOM sebuah merek dihubungkan dengan jaringan pertemanan yang dimiliki oleh pelanggan/pengguna. Variabel jejaring sosial sebagai pengali dari ketiga variabel advocacy index (word of mouth).

Dari hasil pengalian tersebut, diperoleh peringkat WOMMI. Berdasarkan hasil WOMM 2015, dari 90 kategori merek di 12 industri, Garda Oto memperoleh nilai tertinggi sebesar 213,9.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: