Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Menjajal Aneka Kuliner Khas Betawi di Dapur Betawi

297
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Pagi hari paling enak sarapan, nasi uduk, lontong sayur, bubur ase, atau hanya mengemil ketan bertabur serundeng kelapa dan mencomot ongol-ongol. Namun dimana ada ang menjual kuliner Betawi selengkap itu?

Kalau hanya nasi uduk atau lontong sayur mungkin masih bisa didapat dari penjual yang biasa mangkal di ujung komplek atau perkampungan Betawi. Penjual biasanya emak-emak yang memang orang Betawi tulen. Tetapi kalau bubur ase, nasi ulam, sate kikil, dan lainnya? Hem, mesti menunggu ada bazaar dahulu untuk bisa menikmati aneka kuliner Betawi yang lezat.

Bagi Anda yang tinggal di selatan Jakarta, khususnya di wilayah Bintaro dan sekitarnya. Di sana ada Dapur Betawi yang menyediakan aneka kuliner khas Betawi yang menggoyang lidah.

Berlokasi di Pasar Modern Bintaro Sektor 7, Dapur Bintaro hadir menawarkan nasi uduk, nasi ulam, lontong sayur, lontong laksa, soto Betawi, sate kikil, dan lainnya. Tak hanya makanan berkategori berat, Dapur Betawi juga menawarkan aneka camilan Betawi seperti ketan serundeng, ongol-ongol, lopis, pastel, bakwan, onde-onde, kue lumpur dan lainnya.

Bubur Ase menjadi primadona di kedai ini. Apalagi Bubur khas Betawi yang terbilang langka ini cuma disediakan Dapur Betawi setiap Sabtu dan Minggu Pagi saja. Bagi yang belum tahu apa itu bubur Ase?

foto: istimewa
foto: istimewa

Bubur yang merupakan kuliner khas Betawi ini memiliki rasa yang enak, beda dan unik. Tampilannya tidak seperti bubur pada umumnya. Selain emping dan kerupuk, di permukaanya ada toge, lobak, sawi asin, serta kuah yang berwarna coklat. Yah, sesuai dengan namanya  Ase yang merupakan singkatan dari asinan semur. Bubur Ase merupakan perpaduan antara bubur, asinan sawi dan kuah semur.

Rasa manis dan gurih dari kuah semur berpadu sempurna dengan rasa asam, asin dan pedas dari asinan sawi. Hal ini yang menjadikan Bubur Ase begitu kaya rasa. Selain bubur yang lembut, dalam mangkuk bubur itu terdapat daun sawi asin, lobak, toge, timun, kacang tanah, kerupuk merah, emping, semur tahu dan daging.

Tak suka bubur? Anda bisa menjajal nasi ulam Betawi nasi putih yang diberi taburan parutan kelapa yang disangrai hingga kering dengan rasa gurih dan pedas. Jenis sarapan ini juga diberi lalapan berupa mentimun, kemangi dan toge pendek. Rasanya makin ramai kalau ditambah dengan bakwan atau tempe goreng. Bagi Anda penggemar pedas, bisa menambahkan sambal kacang. Pasti makin sedap rasanya.

Tak ingin makan berat? Tenang saja! Dapur Betawi juga menawarkan aneka camilan Betawi yang dijamin enak. Harganya pun dijamin tidak akan membuat kantong bolong.

Nah, tunggu apa lagi? Datang saja langsung ke Pasar Modern Bintaro di Bintaro Sektor 7.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: