Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wow, PT KAI Bakal Bangun Trade Center di Stasiun Jatinegara

68
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Dalam waktu dekat, PT KAI, melalui anak usahanya, yakni PT Kereta Api Property Management (KAPM), akan membangun sebuah gedung empat lantai tepat di samping Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Pembangunan yang diperkirakan bakal memakan waktu kurang lebih 10 bulan itu  bertujuan untuk penambahan lahan parkir, akses keluar-masuk penumpang, dan kios-kios tambahan yang terhubung langsung dengan Pasar Rawa Bening atau Jakarta Gems Center.

Menurut rencana kapasitas tempat parkir di lantai dua diperkirakan bisa menampung sampai 250 sepeda motor. Sedangkan untuk lantai tiga dan empat, dikhususkan menjadi kios-kios yang nantinya bisa dipakai oleh pedagang batu akik dari Pasar Rawa Bening.

Di lantai tiga dan empat ini sendiri, ada sky bridge atau jembatan yang di dalamnya juga berisikan kios-kios. Jembatan itu membentang sampai ke lantai atas bangunan Pasar Rawa Bening. Pembangunan yang bekerja sama dengan PD Pasar Jaya ini merupakan optimalisasi pemanfaatan lahan kosong milik PT KAI di Jakarta.

Sebenarnya proyek serupa juga pernah dilakukan di sejumlah stasiun di luar Jakarta seperti di Stasiun Purwokerto dan Surabaya. PT KAI sengaja memanfaatkan lahan kosong untuk kegiatan yang lebih produktif. Rencananya selain Stasiun Jatinegara, PT KAI juga bakal menyulap lahan kosong di sejumlah stasiun Commuter Line seperti di Stasiun Tanjung Barat dan lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: