Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Berburu Oleh-Oleh Jakarta di ‘Mpo Romlah’

891

Mpo Romlah Oleh-Oleh JakartaJakartakita.com – Tak lengkap rasanya kalau selesai bepergian tak membawa buah tangan.  Buah tangan atau oleh-oleh menjadi hal kedua yang ditunggu oleh orang rumah setelah kepulangan siapa pun yang melakukan perjalanan.

Kalau Bogor punya makanan olahan talas Bogor, Garut punya dodol Garut, Bandung punya peuyeum Bandung, Jogya punya bakpia pathok, Semarang punya lunpia, begitupun Bali punya pia legong. Bagaimana dengan Jakarta? Apa oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kita bawa saat mengunjungi kerabat di luar kota Jakarta?

Begitu beragamnya kota Jakarta, membuat kita malah kebingungan menyebut kuliner khas Betawi yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Jakarta. Kebetulan memang belum banyak industri rumahan yang benar-benar fokus menjual panganan khas Betawi. Hal itulah yang mendorong Ibu Nia Febriana untuk membangun industri rumahan  yang menjual oleh-oleh khas Betawi.

Ibu Nia yang sebelumnya sudah punya perusahaan yang menjual aneka souvenir pun bercerita mengapa bisnis yang dilaunching tanggal 15 Februari 2015 ini dinamai ‘Mpo Romlah’. Romlah sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari ‘roemah oleh-oleh’. Kebetulan Romlah adalah nama khas untuk wanita Betawi. Dan ‘Mpo’ adalah sebutan yang biasa disematkan kepada wanita Betawi sebagai penghormatan, seperti istilah ‘mbak’. Makanya ikon ‘Mpo Romlah’ adalah none Jakarta dengan baju khas Betawi.

Mpo Romlah menjual hampir semua camilan khas Betawi yang mulai langka, dari akar kelapa , biji ketapang, sagon, geplak ,dodol kripik bawang, dan lain-lain. Hampir semua camilan Betawi yang dijualnya adalah ‘home-made’ dibuat sendiri oleh Ibu Nia dan anak buahnya. Namun ada sebagian kecil yang diambil dari supplier.

Tak hanya menjual camilan khas Betawi. Mpo Romlah juga menyediakan berbagi macam aksesoris, seperti gantungan kunci ondel-ondel, gantungan kunci, tempat kartu nama, tempelan kulkas yang semuanya bertema kota Jakarta. Ada juga kemeja batik Betawi, t-shirt dan lainnya.

foto: Mpo Romlah
foto: Mpo Romlah

Soal harga, Mpo Romlah membanderol harga-harga produknya cukup murah. Harganya berkisar dari Rp 13.000 hingga Rp 140.000.

Dari sekian banyak camilan yang dijual di Mpo Romlah, biji ketapang, akar kelapa dan dodol Betawi jadi favorit pembeli. Biasanya para pembeli tidak hanya mereka yang ingin mengkonsumsi sendiri atau untuk oleh-oleh kerabat di luar kota. Tetapi juga untuk buah tangan even-even besar yang diadakan oleh institusi.

Konsumen Mpo Romlah kebanyakan berdomisili di Jakarta. Namun banyak juga para pembeli yang kebetulan tinggal di luar kota bahkan luar negeri seperti Belanda, Brunei Darussalam dan Malaysia. Kebanyakan dari mereka adalah warga Indonesia yang berdomisili di luar negeri. Camilan khas Betawi ini merupakan penawar rindu mereka saat jauh di rantau.

Selama ini respon konsumen cukup baik. Tidak sedikit konsumen yang sengaja jauh-jauh datang dari luar kota hanya untuk memborong camilan dari Mpo Romlah. Bahkan selama Ramadhan hingga lebaran kemarin, Mpo Romlah sampai kewalahan untuk memenuhi pesanan, hampir setiap hari Mpo Romlah kehabisan stok.

Selama ini Mpo Romlah berjualan secara online lewat situsnya di www.romlah.com, fanpage Facebook: Romlah, Roemah oleh-oleh, instagram @romlah_oleh2 atau lewat sms/whatsApp di 08111814342.

Bagi Anda yang ingin membeli langsung produk Mpo Romlah, bisa langsung datang ke Jalan Swadaya 2 no.20B Tanjung Barat Jakarta Selatan.

Saat ditanya soal harapan dalam waktu dekat. Ibu Nia sang owner pun berencana akan merenovasi showroom-nya di Tanjung Barat. Agar para konsumennya bisa nyaman berbelanja produk-produk Mpo Romlah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: