Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Daftar Makanan Sehat yang Bisa Merusak Gigi

217
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Semua orang tahu kalau gula-gula bisa merusak gigi. Namun tidak banyak yang tahu kalau ternyata ada sejumlah makanan sehat yang juga bisa merusak gigi.

Makanan apa sajakah itu?

Berikut rangkumannya seperti dilansir dari WomensHealth:

Lemon

lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi, rasanya pun menyegarkan dan bisa meningkatkan tingkat energi tubuh di pagi hari. Vitamin C yang terkandung dalam lemon dan buah-buahan asam lainnya juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kolagen dalam gusi Anda.

Namun tahukah Anda kalau mengkonsumsi lemon berlebihan bisa merusak enamel gigi. Bahkan berdasarkan studi British Journal of Nutrition, jus lemon memiliki kemampuan erosif sama seperti coca-cola.

Para ahli gigi menganjurkan agar setelah makan lemon atau buah-buahan asam lainnya,  langsung minum air segelas tinggi. Dua puluh menit kemudian sikat gigi Anda. Jangan langsung menyikat gigi Anda sesaat setelah mengkonsumsi lemon kalau Anda tak mau gigi Anda keropos.

Kacang Almond

Kacang ini memang tinggi vitamin E dan kaya lemak sehat yang akan membuat Anda kenyang. Sayangnya, ini sangat keras untuk gigi Anda. Hindari mengkonsumsi almond utuh, pilih almond yang sudah dalam bentuk irisan. Dengan begitu, gigi Anda tak berusaha terlalu keras dan mengurangi kemungkinan kerusakan gigi.

Acar

Acar, salah satu makanan rendah kalori dan kaya rasa. Namun, ini bisa menjadi masalah bagi gigi putih Anda. Kandungan asam yang tinggi pada acar dapat mengurangi mineral pada gigi Anda, ditambah lagi acar biasanya mengandung gula, penyebab lain gigi berlubang.

Solusinya? Setelah mengunyah acar, makanlah sedikit keju. Karena kandungan kalsium pada keju mampu menetralisir asam. Atau Anda bisa mengkonsumsi permen karet xylitol.

Selai kacang

Bagi Anda penyuka selai kacang perlu waspada. Karena selai kacang akan menempel dalam waktu lama pada gigi And, sehingga berisiko menyebabkan gigi berlubang.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Setelah mengkonsumsi selai kacang, segera mengunyah apel atau buah lainnya untuk membersihkan selai kacang yang menempel di gigi Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: