Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inilah Alasan Mengapa Bersepeda Itu Menyehatkan

217

BersepedaJakartakita.com – Paling seru menikmati pemandangan alam sambil menggowes sepeda. Selain menyenangkan, bersepeda juga ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia bahkan merekomendasikan bersepeda sebagai salah satu aktivitas fisik yang baik untuk dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua. Dengan bersepeda minimal 2,5 jam seminggu secara rutin, tubuh Anda akan menjadi lebih bugar.

Berikut adalah 6 manfaat bersepeda untuk kesehatan:

1. Kesehatan jantung. 

Tak dapat dipungkiri bahwa bersepeda menyehatkan jantung. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Dengan bersepeda, sistem kardiovaskular akan lebih bugar. Ada penelitian yang menunjukkan, bahwa melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti bersepeda dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular sekitar 3-7 persen.

2. Menguatkan otot

Berapa banyak anggota tubuh yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Mulai dari kaki yang mengayuh hingga mata yang waspada.

Banyaknya anggota tubuh yang aktif membuat otot tubuh bagian yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Jika aktivitas itu dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

3. Merawat sendi.

Selain otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan akan ikut aktif. Sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.

4. Mengontrol berat badan
Bersepeda secara rutin dapat mengontrol berat badan Anda atau mencegah obesitas. Beberapa penelitian menunjukkan, bersepeda secara konstan selama 1 jam bisa membakar sekitar 300 kalori.

5. Menurunkan stress.
Tak hanya kesehatan fisik yang didapatkan, tetapi juga mental. Bersepeda dipercaya dapat mengurangi stres dan depresi. Saat bersepeda, tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin bersamaan endorfin. Hormon-hormon tersebut membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

6. Mengurangi resiko Anda terkena penyakit lain.
Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya risiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: