Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Menang 7-2, Dortmund Melaju ke Babak Grup Liga Eropa

78
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Borussia Dortmund melaju ke babak grup Liga Eropa setelah meraih kemenangan telak 7-2 atas tamunya klub Norwegia Odds BK dalam pertandingan leg kedua babak play-off yang berlangsung di Signal Iduna Park, Jumat (28/8/2015) dini hari WIB. Berkat kemenangan besar yang diraih, Dortmund unggul agregat gol akhir 11-5 dan lolos ke babak grup, bersama 21 tim lainnya yang juga memastikan diri lolos dini hari WIB tadi.

Dalam pertandingan di Signal Iduna Park, Dortmund sebetulnya tertinggal terlebih dahulu. Ole Jorgen Halvorsen membawa tim tamu unggul pada menit ke-19 lewat sundulan terhadap tendangan sudut Thomas Grogaard. Tapi enam menit berselang, Henrikh Mkhitaryan menyamakan kedudukan lewat tendangan keras dari jarak 20 meter.

Dortmund lalu berbalik unggul pada menit ke-27. Ilkay Gundogan berhasil melewati dua pemain Odds di sisi kiri pertahanan, lalu mengirim umpan matang yang dapat diselesaikan Marco Reus menjadi gol. Reus kembali mencetak gol empat menit berselang setelah menerima umpan Mkhitaryan. Gelandang serang asal Jepang, Shinji Kagawa, menutup babak pertama dengan gol keempat Dortmund dalam laga pada menit ke-40. Bola diceploskannya ke gawang Odds memanfaatkan umpan silang mendatar Matthias Ginter dari sayap kanan.

Di babak kedua, Dortmund makin menjadi. Gundogan mencetak gol keduanya dalam laga pada menit ke-51 dengan sebuah tendangan kanon dari luar kotak penalti. Reus kemudian melengkapi hattrick-nya dengan sebuah sambaran terhadap umpan silang Mkhitaryan.

Tim tamu sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Oliver Berger pada menit ke-64, tapi Dortmund kemudian mendapat gol ketujuh dalam laga lewat Kagawa yang menerima umpan matang Pierre-Emerick Aubameyang pada menit terakhir waktu normal.

Dua tim lainnya dengan torehan prestasi di kancah regional yang juga memastikan diri lanjut ke babak grup Liga Eropa adalah Athletic Bilbao dan Ajax Amsterdam. Athletic lolos berkat kemenangan 1-0 atas MSK Zilina di San Mames dini hari WIB tadi. Gol tunggal Gorka Elustondo pada menit ke-24 membuat agregat gol akhir 3-3, tapi Athletic unggul gol tandang. Sedangkan Ajax yang berhasil menahan imbang Jablonec di Stadion Strelnice lolos karena unggul agregat gol akhir 1-0, buah kemenangan pada leg pertama.

Langkah Dortmund, Athletic, dan Ajax tak diikuti klub Inggris Southampton, yang tersingkir setelah kalah 0-1 di kandang FC Midtjylland, MCH Arena, Denmark. Gol tunggal Morten Rasmussen pada menit ke-28 membuat agregat gol akhir 1-2 bagi Soton.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: