Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Konsumsi Tomat Berlebihan Ternyata Berbahaya

171
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Para ahli gizi dan kesehatan sepakat bahwa tomat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bagaimana tidak buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini ternyata memilik zat anti karsinogenik untuk pencegah kanker, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, bahkan mampu sebagai detoks alami tubuh.

Namun, ternyata para ahli juga menemukan bahwa konsumsi tomat berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Loh?

Apa saja dampak buruk tomat bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan?

Memperburuk gangguan maag

Tomat memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Jadi, bila dikonsumsi secara berlebih, efek buruk yang bisa timbul adalah meningkatnya asam lambung. Tentu saja ini akan memperburuk gangguan maag.

Sakit perut

Selain meningkatnya asam lambung, melahap tomat berlebihan juga bisa memicu terjadinya masalah pencernaan, seperti sakit perut dan kelebihan gas dalam perut.

Turunnya imunitas

Sebagaimana dilansir laman Boldsky, tomat mentah sarat akan pigmen karotenoid yang disebut lycopene. Perlu Anda ingat, jika tomat yang Anda santap terlalu banyak, lycopene akan memenuhi tubuh Anda dan berpotensi besar menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Para ahli juga menyarankan agar kita tidak mengkonsumsi biji tomat. Karena biji tomat tidak bisa dikonsumsi dengan sempurna. Biji tomat yang mengendap di dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti batu ginjal.

Nah, apapun juga kalau berlebihan ternyata tidak baik ya. Mentang-mentang harga tomat lagi murah, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi tomat sebanyak-banyaknya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: