Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Alasan Mengapa Minyak ‘Muncrat’ Saat Menggoreng

86
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Hampir semua orang menyukai makanan goreng-gorengan, karena rasanya yang lebih gurih dan renyah. Namun resiko terciprat minyak panas saat menggoreng membuat tidak sedikit orang malas menggoreng ikan, ayam, di rumah sendiri. Akhirnya banyak orang yang lebih memilih membeli di luar.

Tahukah Anda kalau  minyak panas yang muncrat saat menggoreng adalah akibat reaksi minyak panas yang bertemu dengan kandungan air dari bahan makanan yang akan digoreng. Air tersebut bisa berasal dari rendaman bumbu ayam, ikan, tahu atau malah sisa air pencucian alat masak.

Sebenarnya ada cara agar minyak panas tidak muncrat saat menggoreng. Pertama, pastikan semua alat masak Anda, seperti wajan dan lain-lainnya dalam keadaan kering. Kedua, usahakan bahan makanan yang akan digoreng sebaiknya dikeringkan sebisa mungkin sebelum mencemplungkannya ke dalam minyak panas.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeringkan bahan, diantaranya dengan meniriskan hingga kandungan air benar-benar habis, mengelap bahan makanan dengan tisu kering atau dengan membalut bahan makanan dengan tepung agar air yang terkandung meresap dalam tepung.

Bahan makanan yang digoreng dalam keadaan kering juga memengaruhi tekstur makanan yang dihasilkan. Jika bahan yang digoreng sudah dalam keadaan kering maka proses penggorengan akan lebih singkat karena kandungan air akan menguap lebih cepat.

Kalau Anda tidak mau mengurangi kadar air dari rendamam bumbu ayam, ikan, tahu dan lainnya yang akan digoreng karena itu kunci kelezatannya. Anda harus sedia tutup wajan untuk tameng Anda saat menggoreng. Agar resiko terciprat minyak panas dapat dikurangi.

Selamat menggoreng!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: