Take a fresh look at your lifestyle.

Terkena Minyak Panas Saat Menggoreng? Ini Obatnya!

0 3,720
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Variasi makanan yang digoreng memang enak. Namun, tidak banyak orang yang suka menggoreng. Pasalnya, resiko terciprat minyak panas siap mengintai kapan saja.

Lalu apa yang terjadi jika tangan Anda terkena minyak panas yang muncrat saat menggoreng?

Related Posts
1 daripada 1,853

Agar kulit yang terkena cipratan minyak panas tidak melepuh, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membasuh bagian yang tersiram minyak panas dengan air mengalir sebanyak-banyaknya hingga Anda merasa nyaman. Untuk menghilangkan noda minyak, Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung moisturizer lalu kembali bilas dengan air mengalir. Jangan menggosoknya dengan kencang, tidak perlu menggunakan sabun antiseptik dan jangan pula mengoleskan kecap, telur mentah, odol dan lainnya. Hal ini hanya akan memperburuk luka.

Proses kerusakan jaringan akibat panas tadi dapat dihentikan dengan mendinginkan daerah yang terbakar, dan mempertahankan suhu dingin ini pada satu jam pertama sehingga kerusakan lebih dangkal dan cepat sembuh.

Lebih bagus lagi kalau Anda punya persediaan krim khusus luka bakar yang mengandung antibengkak, antiinflamasi dan antibiotik seperti bioplacenton. Oleskan krim tersebut ke bagian yang terkena minyak panas. Jika area yang terkena minyak panas lebar, segeralah minta bantuan medis untuk penanganan intensif.

Cara terbaik lain adalah lebih berhati-hati dan memakai sarung tangan khusus memasak di dapur agar area tubuh lebih terlindung.

Tinggalkan komen