Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kemarau Bakal Panjang, Pasokan Air Baku di Jakarta Aman

97
pasokan air baku PDAM Jakarta
foto : istimewa

Jakartakita.com – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya, Erlan Hidayat menyatakan, kebutuhan air baku di Jakarta mencapai sekitar 19.000 liter per detik (lpd), yang berasal dari Waduk Jatiluhur sebanyak 81 persen, Sungai Cisadane Tangerang sebanyak 15 persen dan kali-kali di Jakarta sebanyak empat persen.

Meskipun demikian, pasokan air baku di ibukota Jakarta tercukupi selama musim kemarau tahun 2015 yang diperkirakan hingga Desember.

“Dari pihak Waduk Jatiluhur mengonfirmasikan bahwa persediaan air hingga akhir tahun masih bisa tercukupi, ini mengingat 81 persen pasokan air untuk Jakarta dari sana (Waduk Jatilihur),” kata Erlan, Jumat (11/9/2015).

Dijelaskan, saat ini tingkat produksi air di Waduk Jatiluhur pun masih terbilang normal dengan pasokan yang didistribusikan oleh dua operator air bersih PDAM Jaya mencapai 9.000 lpd oleh PT Aetra Air Jakarta dan 6.000 oleh PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja).

PDAM Jaya pun siap membantu pelayanan air melalui posko siaga jika ada keluhan dari warga yang terkena kekeringan.

“Kalau ada kebutuhan mendesak apalagi ini (kekeringan) terkait bencana, PDAM siap mengirim truk tanki air,” tandas Erlan. (Sumber : Antara)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: