Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mencicipi Sensasi Manis Gurih Sate Betawi

105
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Hampir tiap daerah di Indonesia punya racikan sate andalan, sate kambing, sate sapi atau sate ayam. Mau bumbu kacang, kecap atau malah kuah kental yang terbuat dari tepung sagu semuanya ada sesuai selera. Namun, tak banyak yang tahu kalau sebenarnya Betawi juga punya sate khas, namanya sate lembut.

Sepintas sate lembut mirip dengan sate lilit khas Bali. Hanya saja sate lembut menggunakan daging sapi. Caranya, daging sapi cincang yang datang dari pasar harus dicincang ulang, kemudian ditumbuk lagi sekitar setengah jam. Proses ini dilakukan demi memperoleh daging yang lembut.

Selanjutnya daging cincang dicampur dengan bumbu dan parutan kelapa yang disangrai dalam waktu yang lama hingga mirip srundeng. Kemudian campuran daging tadi dikepal dan dililitkan pada tusuk sate sebelum dibakar setengah matang.

Sate lembut khas Betawi ini biasa disajikan dengan sambal kacang yang dikucuri jeruk nipis, lontong atau ketupat. Rasanya lembut, manis dan gurih. Tak kalah enak dibandingkan sate-sate lainnya. Dijamin endes!

Cuma sayangnya, sate lembut khas Betawi ini pun sangat susah ditemui di Jakarta. Mungkin karena pembuatannya yang jauh lebih ribet ketimbang sate-sate lainnya.

Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi sensasi manis gurih sate lembut ini, coba datang saja ke Warung Sate Haji Romlah di Kebon Kacang V No. 44, Jakarta Pusat. Sekali coba, dijamin Anda ketagihan!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: