Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

193
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mungkin Anda sering mendengar kalau buah nanas dapat memicu kontraksi dan keguguran pada ibu hamil. Benarkah demikian?

Seperti dilansir dari Livestrong, mitos tentang nanas yang bisa memicu kontraksi pada ibu hamil boleh saja benar. Menurut para ahli penyebabnya adalah kandungan enzim bromelain yang terdapat pada nanas. Enzim bromelain yang banyak terkandung dalam nanas memiliki sifat mudah memecah protein. Itulah mengapa kita bisa merasakan sensasi perih di lidah, bibir, atau dinding mulut yang berkontak dengan nanas.

Namun, enzim bromelain baru berbahaya bila dikonsumsi terlalu banyak. Pasalnya enzim ini dapat mengikis dinding lambung bila dikonsumsi terlalu banyak.

Sebenarnya enzim bromelain juga terdapat pada semua buah dan sayuran yang berwarna kuning. Enzim ini berfungsi untuk membantu dalam mengobati peradangan dan pembengkakan atau inflamasi.

Jadi intinya, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi nanas. Asalkan masih dalam jumlah yang wajar. Bukankah semua yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: