Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Memilih Biro Perjalanan Wisata Agar Tidak Tertipu

175
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jumat (11/9/2015) lalu, artis Okie Agustina melaporkan dugaan penipuan paket wisata murah ke Korea Selatan atas pengusaha travel bernama Anggarian Pramana Putra di Mabes Polri.

Istri pemain bola Gunawan Dwicahyo itu menceritakan kalau pada bulan Maret 2015 lalu ia pergi ke Korea Selatan bersama 15 orang, termasuk putranya Keisha Alvaro hasil pernikahannya dengan mantan suami Pasha Ungu. Okie dijanjikan mendapat tiket murah dengan fasilitas yang baik ketika tiba di Negeri Ginseng. Namun, sesampainya di sana, hal-hal yang dijanjikan mulai tidak ditepati. Bahkan Okie dan rombongan sempat luntang-lantung di Korea Selatan karena pihak biro perjalanan tidak menyiapkan tiket pulang.

Yah, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia pariwisata, maka tidak heran jika kehadiran Biro Perjalanan mulai menjamur hampir di setiap daerah. Hal ini yang kemudian memicu terjadinya persaingan ketat yang menawarkan berbagai paket liburan menarik dan harga menggiurkan.

Nah, agar kasus serupa tidak menimpa Anda di kemudian hari. Evilia Soleh, Managing Director dari Cempaka Tours membagikan tips memilih biro perjalanan agar Anda tidak tertipu:

Harga Murah Bukan Pilihan Utama

Jangan mudah tergiur dengan tawaran paket wisata murah meriah, apalagi untuk perjalanan ke luar negeri. Sebaiknya Anda mengecek dan menganalisa terlebih dahulu rincian paket yang diberikan mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tur keliling serta jangan lupa cek juga fasilitas yang disediakan. Setelah itu Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan ke biro perjalanan lain sebagai perbandingan.

Pilih Biro Perjalanan Profesional

Untuk mencari tahu apakah Biro Perjalanan memiliki reputasi yang baik, maka cek dan lakukan komunikasi terhadap contact person yang tertera pada website. Jika melakukan transaksi via online ada baiknya lakukan transaksi tersebut melalui email, karena jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai kesepakatan anda bisa menjadikan email tersebut sebagai bukti dikemudian hari. Cara lain untuk mencari Biro Perjalanan adalah dengan meminta referensi dari orang-orang terdekat anda yang pernah menggunakan jasa Biro Perjalanan tersebut.

Idealnya biro perjalanan tak hanya berfungsi sebagai penyedia jasa perjalanan tetapi juga penasehat perjalanan Anda. Hal ini seperti dilakukan Evilia Soleh dan para staf-nya di Cempaka Tours. Pengalaman belasan tahun menggarap bisnis perjalanan wisata membuat Evilia Soleh paham betul kebutuhan klien, termasuk mereka yang merupakan traveler pemula.

Perhatikan Rute Perjalanan Wisata

Hal yang paling penting dalam memilih Biro Perjalanan adalah, pilih paket wisata yang memang sesuai dengan keinginan anda. Pastikan juga detail rute paket perjanan yang dipilih, agar selama dalam perjalanan tidak membingungkan.

Nah, apakah Anda sudah siap memulai perjalanan wisata Anda?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: