Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Segudang Manfaat Jeruk Nipis

111
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Siapa yang tak kenal dengan jeruk nipis? Buah bernama latin Citrus aurantifolia yang masih satu keluarga dengan jeruk manis ini memang sejak lama dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Rasanya yang asam, segar dan sedikit pahit ini tidak hanya enak dijadikan penyedap makanan, minuman dingin, tetapi juga beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis yaitu Linalool, minyak terbang Limonene dan flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang dikandungnya dapat mencegah kambuhnya pasian setelah operasi batu ginjal. Wow!

Mau tahu apa saja manfaat dari si mungil jeruk nipis? Berikut jakartakita.com rangkumkan untuk Anda:

Kecantikan

  • Menghilangkan noda hitam pada wajah. Gosokkan pelan jeruk nipis pada bagian kulit wajah Anda yang menggelap lalu jadikan masker selama 30 menit. Selama menggunakan jeruk nipis jangan terpapar sinar matahari langsung. Masker jeruk nipis ini juga dapat menjaga kelembaban kulit wajah, menghapus kulit mati, mengecilkan pori-pori, mencegah penuaan dini.
  • Menghilangkan jerawat. Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu.
  • Mengatasi flek hitam. Campur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis, lalu jadikan masker untuk menutup flek hitam pada wajah Anda.
  • Mengatasi bau ketiak tak sedap. Siapkan jeruk nipis yang dicampur kapur sirih. Setelah mandi, usapkan campuran ini pada ketiak dan biarkan beberapa waktu sebelum dibasuh. Lakukan pagi dan sore hari. Khasiat lain Perasan jeruk nipis yang dicampurkan ke dalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh, juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.

Perawatan rambut

  • Mencegah kerontokan rambut.
  • Membuat rambut jadi berkilau. Caranya campurkan minyak zaitun dengan jeruk nipis dan oleskan ke rambut.
  • Mengatasi ketombe. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.

Kesehatan

 

  • Batuk kronis. Peraslah sebuah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis sebentar di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah menjadi suam-suam kuku (menghangat), belah buah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik pula untuk menyembuhkan flu.
  • Mengatasi anemia atau kurang darah. Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 lembar, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 lembar. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya. Air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari.
  • Pencernaan. Ganti cuka dalam acar Anda dengan jeruk nipis. Kandungan flavanoid dalam asamnya jeruk nipis dapat merangsang sistem pencernaan, gerak peristaltik, meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam.
  • Demam. Konsumsi jus jeruk nipis yang banyak dapat meredakan demam.
  • Mengatasi penyakit jantung. Membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol “buruk”).

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: