Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Liburan ke Eropa Tanpa Membuat Kantong Jebol

46
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi banyak orang, liburan ke Eropa hanya sebatas angan. Pasalnya, selain ongkos pesawat yang tidak murah, biaya hidup di Eropa juga sangat mahal.

Tapi apakah benar semahal yang dikatakan orang-orang?

Sebetulnya liburan ke daratan Eropa itu tergolong enak. Pasalnya, Anda hanya butuh satu visa Schengen untuk bisa masuk ke banyak negara seperti Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Islandia, Italia, Luxembourg, Belanda, Norwegia, Portugal, Spanyol, Swedia, Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Luthuania, Malta, Polandia, Slovakia, Slovenia, Cyprus, Romania, Bulgaria, dan Swiss. Dan Anda bisa menggunakan jalan darat yang murah meriah untuk mengelilingi Eropa, jadi Anda hanya perlu membeli tiket pulang pergi Eropa-Indonesia saja.

Nah, bagi Anda yang berencana liburan ke Eropa, berikut adalah tips liburan ke Eropa tanpa membuat kantong jebol.

  • Rencanakan liburan Anda dari jauh hari. Agar Anda punya cukup waktu untuk menyisihkan dana berlibur yang tidak mengganggu tabungan Anda apalagi cashflow harian Anda.
  • Riset. Riset diperlukan untuk mengetahui seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat. Riset juga diperlukan sebelum Anda memilih paket liburan yang ditwarkan oleh beragam biro perjalanan.
  • Berburu tiket atau akomodasi promo. Riset juga diperlukan untuk berburu tiket atau penginapan dengan harga diskon. Diskon dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.
  • Pilih waktu yang tepat berlibur. Sediakan waktu minimal 2 minggu, mengingat jarak Eropa-Indonesia yang cukup jauh. Karena kalau kurang dari itu cuma dapat capek, tidak sebanding dengan tenaga dan biaya tiket pesawat yang dikeluarkan. Hindari pergi ke Eropa pada saat peak season, karena harganya akan jauh lebih mahal.
  • Penginapan. Menginap paling hemat kalau ada numpang di rumah teman atau saudara.  Atau pilihlah menginap di hostel. Biasanya semakin banyak orang dalam satu kamar, harganya akan semakin murah.
  • Memilih tempat rekreasi.Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.
  • Konsumsi disesuaikan anggaran. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan anggaran yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula. Anda bisa menghemat anggaran dengan hanya memakan sarapan yang disediakan hostel, makan siang dan makan malam bisa masak atau membeli di kaki lima.
  • Bawa selalu botol minum. Sebotol air putih di Eropa harganya bisa mencapai 2 Euro (sekitar Rp 27 ribu). Jadi lebih baik bawa botol minum dan refill airnya di kran, bisa di water fountain atau di toilet umum. Tidak usah khawatir, air di sana bisa langsung diminum. Lagipula air putih itu sehat bukan?
  • Berburu oleh-oleh di pasar tradisional. Oleh-oleh menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan liburan Anda. Sudah psasti keluarga atau teman-teman yang mengetahui rencana liburan Anda menitip oleh-oleh. Demi mendapatkan harga miring, jangan segan-segan untukmengunjungi pasar – pasar tradisional atau bahkan langsung mengunjungi sentral pembuatan kerajinan tangan untuk oleh-oleh.
  • Disiplin anggaran. Bawalah uang saku sesuai anggaran yang telah direncanakan. Dan tetap catat semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir.

Tak mau repot dengan urusan riset dan survei? Anda bisa ikut tour keliling Eropa dengan biro perjalanan terpercaya. Konsultasikan tujuan wisata Anda di Eropa dengan budget yang Anda miliki kepada biro perjalanan Anda. Biar mereka yang mengatur.

Nah, bagi Anda yang ‘ngotot’ ingin liburan ke Eropa dengan budget terbatas. Ikut saja program keliling Eropa dengan biaya mulai dari 99 dolar AS per hari dengan Cempaka Tours! Keterangan lebih lanjut, langsung saja sambangi kantornya di Jl.Pahlawan Revolusi no 60, Pondok Bambu – Jakarta Timur. Seberang ruko bank BCA cabang pondok bambu . Atau hubungi via telepon (021) 86603225/86615602 email: cempaka@cempakatours.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: