Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jangan Asal Simpan Telur di Dalam Kulkas!

120
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Kebanyakan orang terbiasa asal memasukkan makanan ke dalam kulkas. Mereka pikir dengan memasukkan makanan segar termasuk telur ke dalam kulkas bisa membuatnya tetap segar. Mereka bahkan tak peduli kalau setiap makanan punya aturan penyimpanan tersendiri.

Tahukah Anda kalau meskipun telur Anda masukkan ke dalam kulkas. Telur tetap punya masa kadaluarsa. Asal menyimpan telur ke dalam kulkas malah bisa membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi.

Seperti dilansir dari Foodsafety.gov, telur mentah bisa disimpan dalam lemari es selama 3-5 minggu. Namun, tentu saja itu hanya belaku bila telur mentah yang kita masukkan memang benar-benar masih segar. Anda bisa mencari tahu umur telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas dari tanggal pengemasan di kardus telur kemasan. Namun, bagaimana kalau yang Anda beli adalah telur curah di warung atau supermarket?

Nah, untuk mengecek apakah telur-telur Anda benar-benar segar atau tidak. Anda bisa melakukan tes sebagai berikut:

  • Cemplungkan telur mentah ke dalam baskom berisi air. Telur yang masih segar akan tenggelam dan telur yang sudah tidak segar akan mengapung.
  • Kocok telur mentah. Jika telur yang Anda kocok mengeluarkan bunyi agak keras, telur itu sudah tidak terlalu segar. Sebaliknya, telur yang tidak mengeluarkan bunyi keras saat dikocok, itu tandanya masih segar.
  • Pecahkan telur. Jika warna putih telur berubah jadi merah muda, hijau, atau selain putih, telur telah terkontaminasi oleh bakteri Pseudomonas dan tidak aman untuk dimakan.
  • Perhatikan juga keanehan pada telur seperti jika Anda menemukan bintik-bintik hitam atau hijau di dalam telur, itu telah terkontaminasi oleh jamur dan harus segera dibuang.

Nah, ada baiknya Anda hanya membeli telur, daging, sayuran segar dan buah dalam jumlah yang sedikit. Agar Anda tidak perlu menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: