Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mal Ciputra Jakarta Gelar Turnamen Taiji dan Qigong Tingkat Nasional 2015

259
Turnamen Taiji & QiGong Nasional 2015 di Mal Ciputra Jakarta
foto : jakartakita.com

Jakartakita.com – Pada hari ini, Jumat (18/9/2015), Mal Ciputra Jakarta bersama ADYTI (Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia) dan PORPI (Persatuan Olaraga Pernapasan Indonesia) secara resmi membuka Turnamen Taiji & Qigong (baca: Cikung) Tingkat Nasional 2015, yang berlangsung mulai 14 hingga 20 September 2015 di area Center Court Mal Ciputra Jakarta.

Sejak dimulainya pendaftaran pada Juli lalu, peserta yang terdaftar sebanyak lebih dari 300 peserta dari beberapa kota di Indonesia, yaitu Bangka, Batam, Surabaya, Bali, Jogjakarta, Bandung, Tasikmalaya, serta Jabodetabek.

“Kami merasa sangat terhormat menjadi tuan rumah pada Turnamen Taiji & Qigong tingkat Nasional 2015. Harapan kami, melalui acara ini tercipta kebersamaan antar komunitas penggemar olahraga pernafasan, dan menularkan budaya hidup sehat kepada seluruh pengunjung Mal Ciputra Jakarta dan masyarakat Indonesia secara umum,” kata Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta di sela-sela kegiatan acara.

Dijelaskan, dalam perlombaan ini, peserta Taiji berkompetisi secara Perorangan maupun Beregu, masing-masing terbagi dalam beberapa cabang, seperti: Tangan Kosong, Pedang, Tongkat, Golok dan Kipas. Sedangkan Qigong, selain terbagi untuk Perorangan dan Beregu, masih dibagi lagi masing-masing 2 jenis senam atau gerakan sesuai dengan jenis gaya.

Berdasarkan kelompok umur, Taiji membagi Perorangan dengan Kategori A (dibawah 40 tahun), Kategori B (41 – 50 tahun) dan Kategori C (di atas 60 tahun); sedang Beregu dengan Kategori X (di bawah 50 tahun) dan Kategori Y (di atas 50 tahun). Untuk Qi Gong, pembagiannya: Perorangan Kategori X (di bawah 50 tahun) dan Kategori Y (di atas 50 tahun); dan untuk Beregu tidak ada kategori umur (bebas).

Setiap pemenang akan mendapat hadiah berupa uang tunai, piala dan sertifikat untuk kategori kelompok dan uang tunai, medali, sertifikat untuk kategori perorangan. Total hadiah yang disediakan untuk semua pemenang adalah lebih dari 130 juta rupiah.

Sebagai tim juri, turnamen ini mengundang Juri Kehormatan dari China Zhang Jian, serta dibantu dewan juri Tie Hoy Kin (Akong), Sarianto serta juri lainnya dari ADYTI  dan PORPI.

Asal tahu saja, Olahraga Taiji (dibaca: Tai Chi) merupakan bentuk seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari negeri China. Taiji terbagi menjadi berbagai “gaya” yang pada dasarnya berasal dari satu akar dan konsep dasarnya hampir sama, namun bentuk gerakannya berbeda-beda, sehingga menambah khazanah pengetahuan para pecintanya.

Sedangkan Qigong (dibaca: Cikung) termasuk kategori olah pernafasan, yang memadukan perasaan dan gerak raga secara harmonis. Selain itu juga merupakan suatu seni untuk meningkatkan energi terutama kesehatan, vitalitas, pengembangan spiritual, perluasan daya pikir.

Komunitas Taiji & Qigong sendiri, sudah menjadi bagian dari Mal Ciputra Jakarta sejak tahun 2009 dan rutin dilaksanakan setiap Rabu dan Sabtu jam 06.00 pagi di area Parkir Barat Mal Ciputra Jakarta.

Pertumbuhan keanggotaan komunitas ini selalu meningkat setiap tahunnya, saat ini sudah terdapat lebih dari 100 anggota yang aktif berlatih dan turut serta dalam berbagai kegiatan, termasuk turnamen ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: