Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Yuk, Intip Negara Mana Saja yang Paling Rajin Kasih Beasiswa

351
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Banyak orang yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah di luar negeri. Namun, biaya hidup yang tinggi membuat tidak sedikit orang yang mundur teratur, mengubur impiannya untuk bersekolah di luar negeri karena ketiadaan biaya.

Padahal, sebetulnya banyak jalan menuju Roma. Banyak jalan untuk mewujudkan cita-cita bersekolah di luar negeri, salah satunya dengan beasiswa. Anda hanya perlu rajin-rajin mengintip sejumlah situs yang memberikan informasi seputar beasiswa untuk bersekolah di luar negeri. Dan tentu saja, Anda juga harus giat belajar agar nilai Anda ‘masuk’ kualifikasi penerima beasiswa.

Sebagai bayangan, berikut adalah daftar negara yang paling rajin memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing terutama dari Indonesia:

  1. Jerman.  Setiap tahun Jerman melalui lembaga amal DAAD selalu membuka kesempatan bagi mahasiswa non-Jerman untuk belajar di Negara itu. Beasiswa ini sudah diselenggarakan puluhan tahun, dan Indonesia masuk kedalam negara sasaran dalam joint initiative (program bersama) untuk menarik mahasiswa dan peneliti muda. Selain nilai akademik yang baik, ada baiknya Anda juga memiliki kemampuan berbahasa Jerman sebelum mengajukan aplikasi beasiswa. Penasaran? Buka saja  situs www.daadjkt.org
  2. Belanda. Setiap tahunnya pemerintah Belanda mengucurkan beasiswa kepada para pekerja profesional Indonesia melalui StuNed. Beasiswa ini mensyaratkan para penerimanya harus kembali ke negaranya setelah kelar sekolah.
  3. Australia.  Setiap tahun ADS (Australian Development Scholarship) membuka kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya di Australia, dan diharapkan kembali ke Negara asal usai belajar untuk membangun negaranya. Yang menarik dari program ADS ini, setiap penerima beasiswa memiliki kesempatan untuk pulang ke negaranya setiap akhir tahun ajaran dengan biaya dari ADS.
  4. Amerika Serikat. American Indonesian Education Foundation (amineif) yang merupaka lembaga yang memfasilitasi pertukaran palejar Indonesia-Amerika setiap tahunnya menyelenggarakan beasiswa Fulbright untuk mahasiswa S1, S2, maupun S3.
  5. Jepang. Jepang termasuk negara pemberi beasiswa terbesar bagi waraga negara Indonesia. Selain beberapa lembaga swasta pemberi beasiswa, pemerintah Jepang sendiri setiap tahun menawarkan beasiswa bagi warga negara asing melalui beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa Monbukagakusho tak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa pasca sarjana, tetapi juga untuk para lulusan SLTA untuk belajar S1, D3, atau D1 (keterampilan kerja, non degree) di Jepang. Selain itu, beasiswa ini secara khusus juga ditawarkan kepada para guru untuk belajar, mengasah bidang kajiannya di negeri sekura tersebut.
  6. Inggris. Selain banyaknya kampus-kampus unggulan di negara ini, Inggris juga tidak segan-segan memberikan banyak beasiswa kepada mahasiswa internasionalnya. Lembaga yang biasa memberikan beasiswa seperti di Kampus Oxford dan Cambrigde.
  7. Kanada. Kanada adalah tempat yang menarik bagi mahasiswa internasional. Karena di sana banyak sekali lembaga yang memberikan beasiswa. Seperti beasiswa dari University of British Columbia.
  8. Belgia. Kamu yang ingin melanjutkan sekolah S-3, cobalah mendaftar ke Belgia dengan beasiswa seperti IRO Doctoral di K.U. Leuven. Beasiswa ini tidak hanya memberikan biaya kuliah tapi juga akan menjamin akomodasi sampai tiket pesawat untuk pulang.
  9. Prancis. Paris menjadi salah satu kota terbaik di dunia bagi pelajar. Karena itulah banyak mahasiswa berharap bisa mengenyam pendidikan di negara tersebut. Prancis menawarkan begitu banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk mengajukan beasiswa di negara tersebut.
  10. Swedia. Ingin mengambil S-2? Jangan lupa daftarkan dirimu ke Swedia. Negara ini memberikan penawaran kepada para mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah mereka, terutama pada program master.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: