Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Belajar Bahasa Asing Tanpa Kursus? Bisa!

181
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Punya kemampuan bahasa asing yang ‘mumpuni’ memang keren. Kemampuan bahasa asing tidak hanya bisa diandalkan ketika kita berhadapan dengan orang asing saat berpelesiran di luar negeri, tetapi juga penting untuk karir profesional kita. Apalagi menjelang era pasar bebas yang sudah di depan mata. Semua orang dituntut untuk punya kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan Mandarin.

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing tidak harus selalu melalui kursus. Banyak orang yang menghabiskan banyak uang untuk kursus namun kemampuan bahasa asingnya tidak terlalu membanggakan. Sebaliknya tak sedikit orang yang punya kemampuan bahasa asing hebat padahal tak pernah sekalipun ikut kursus. Kok bisa?

Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing tanpa harus ikut kursus. Mungkin bisa meniru cara berikut ini:

Tekad

Sekalipun Anda ikut kursus di tempat bergengsi tetapi tidak punya tekad yang kuat untuk bisa, maka usaha Anda akan sia-sia. Betapa banyak orang yang ikut kursus tetapi tidak kunjung mahir berbahasa asing, karena mereka tak tekad yang kuat.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar bahasa asing tanpa kursus, tekad Anda harus lebih kuat. Buat jadwal rutin untuk belajar. Anda bisa membeli buku-buku di toko buku atau cukup mengakses gratis di internet.

Bikin catatan kecil

Pastikan Anda punya buku catatan kecil untuk mencatat setiap kosa kata baru yang Anda dapat. Biasanya catatan lebih ampuh untuk mempertajam ingatan. Anda bisa juga membuat catatannya Anda menjadi lebih menarik, kemudian menempelnya di dinding kamar atau cermin.

Belajar online

Ada banyak situs di internet yang menawarkan layanan kursus online gratis. Dan ada banyak video tutorial yang bisa Anda intip di youtube untuk menambah wawasan Anda.

Learning by doing

Tidak ada yang lebih efektif dan efisien dari belajar bahasa asing kecuali Anda segera mempraktikannya. Cari lawan bicara untuk praktik bahasa asing Anda. Anda bisa menggunakan media sosial untuk mencari penutur asing.

Untuk praktik listening, Anda bisa menonton film-film berbahasa asing. Dengarkan percakapan di dalamnya sambil memperhatikan terjemahannya.

Untuk praktik reading, koleksi bacaan berbahasa asing, seperti buku, majalah, brosur atau koran.

Jangan malas buka kamus saat ada kosa kata yang tak Anda ketahui!

Cobalah praktik menulis dalam bahasa asing.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: