Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Akhirnya, Hujan Mengguyur Jakarta

159
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com -Setelah lama dilanda musim kemarau, hari ini sebagian wilayah Jabodetabek mulai diguyur hujan deras. Meski tak berlangsung lama, hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya ini patut disyukuri.

Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah itu disambut gembira oleh warga Indonesia. Itu terlihat dari reaksi publik di linimasa media sosial. “Alhamdullilah Hujan” menjadi trending topic di Twitter.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan mengguyur sejumlah wilayah barat Indonesia, mulai dari Riau yang mengalami kebakaran hutan dan kabut asap, Bandung hingga Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok pada Senin (21/9/2015) sore hari ini.

Namun, jangan senang dulu! Hujan tadi bukanlah akhir dari musim kemarau panjang. BMKG mengatakan kalau hujan tersebut hanya selingan di musim penghujan.

Lebih lanjut BMKG menjelaskan bahwahujan beberapa hari ini adalah pengaruh Osilasi Madden Jullian (OMJ). OMJ adalah siklus aktivitas pembentukan awan yang bergerak dari barat ke timur. Dari Afrika, osilasi bergerak menuju Asia, melewati Indonesia. Siklus berlangsung antara 30-60 hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: