Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Begini Cara Spammer Mendapatkan Nomer Telepon Anda

438
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda pengguna ponsel pasti pernah mendapatkan SMS spam dari nomor 12 digit yang menipu antara lain SMS minta pulsa, SMS berisi tentang undian berhadiah yang mengatasnamakan perusahaan, bank atau provider telekomunikasi terkenal di Indonesia. Ada juga SMS penawaran jasa seperti pembelian tiket pesawat atau booking hotel dengan iming-iming diskon yang tak masuk akal. Di akhir pesan pada SMS disuruh menghubungi nomor seluler lisensi mobile 12 digit atau sebuah blog, jelas ini tidak masuk akal dan ini pasti penipuan.

Lalu bagaimana cara mereka para spammer mendapatkan nomer telepon Anda?

Coba ingat-ingat, pernahkah Anda mengisi pulsa di sembarang konter penjualan pulsa ?Kalau iya, mungkin itulah awal mulanya para spammer mendapatkan nomer telepon Anda. Konon, database nomer-nomer telepon pelanggan konter pulsa itu bisa dijual kepada spammer dengan harga berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 5.000 per nomer. Wow!

Dan spammer yang sudah membeli database nomer-nomer telepon pelanggan konter pulsa akan menjualnya lagi kepada para pemilik usaha penipuan. Makanya tak mengherankan kalau tiba-tiba Anda dibanjiri oleh SMS spam dari sayembara berhadiah, diskon tiket, atau malah layanan esek-esek.

Mau terhindar dari SMS spam? Ganti saja nomer telepon Anda dan jangan pernah mengisi pulsa di konter pulsa hanya isi lewat internet banking.

Selain solusi itu, sebenarnya Anda bisa menggunakan fasilitas pemblokiran pada ponsel Anda. Caranya? silahkan cari pada fitur pengaturan atau setings. Cari pada pengaturan panggilan dan cari fitur menyaring nomor (filter number). Pada jenis ponsel tertentu menggunakan bahasa langsung menyasar, yaitu blacklist (daftar hitam). Masukkan nomor yang Anda kehendaki untuk diblokir.

Pemblokiran ini juga berlaku untuk SMS. Jika ada panggilan masuk pada nomor yang telah diblokir, maka tidak ada nada dering atau getar, namun hanya tanda ada panggilan tak terjawab atau misscall. Untuk SMS tidak masuk ke kotak masuk (inbox), namun langsung masuk ke spam. Sayangnya tak semua ponsel bisa memiliki fitur pemblokiran nomor seperti ini. Ponsel yang biasanya ada fitur pemblokiran nomor adalah Nokia, Sony Ericson, dan beberapa merk ponsel dari Cina. Cuma sayangnya hanya bisa memblokir maksimal 10 nomer.

Bagi Anda pengguna smartphone, Anda bisa mengunduh sejumlah aplikasi pemblokiran spammer di App Store, Play Store, Blackberry Store atau Windows Store.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: