Take a fresh look at your lifestyle.

Museum Nasional Indonesia Gelar Pameran Rayakan Seabad Kelahiran Pelukis Basoeki Abdullah

0 1,022
Pameran Rayuan 100 tahun Basoeki Abdullah
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka puncak peringatan 100 tahun kelahiran pelukis Basoeki Abdullah, Museum Nasional Indonesia menjadi tempat digelarnya pameran hasil karya cucu tokoh pergerakan nasional, Dr. Wahidin Sudirohusodo itu, yang bertajuk Rayuan 100 tahun Basoeki Abdullah.

Lebih dari 47 karya asli Basoeki Abdullah dan karya reproduksi lainnya akan bercerita tentang jejak sang maestro selama berkarya.

Kurator Mikke Susanto mengatakan, Rayuan menjadi judul pameran ini karena terinspirasi dari perilaku Basoeki dalam berhubungan dengan orang lain dan memiliki jangkauan yang luas.

“Dengan mudahnya dia mendapatkan subyek untuk lukisan potretnya, hingga dikenal di kancah Eropa,” katanya, di Jakarta, Minggu (20/9/2015).

“Bisa dikatakan sepanjang riset yang saya lakukan, Basoeki telah menghasilkan lebih dari 5000 karya. Seratus karya di antaranya yang dikenal masyarakat. Temanya berlimpah, seperti pemandangan alam, potret orang terkenal dan biasa, legenda, perempuan yang telanjang maupun tidak telanjang. Konsep ini yang coba kami pilah,” sambungnya.

Related Posts
1 daripada 5,735

Dalam pameran ini, Mikke ‘memilah’ tema lukisan menjadi tujuh bab, yang memotret berbagai fenomena yang terjadi sepanjang karier perupa Basoeki Abdullah.

Pertama, Basoeki Abdullah dan Indonesia. Kedua, Basoeki Abdullah dan Budaya Jawa.

Ketiga, Basoeki Abdullah dan tiga negara di Asia Tenggara. Yakni, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam. Keempat, Basoeki Abdullah dan Eropa. Kelima, Basoeki Abdullah dan Soekarno.

Keenam, Basoeki Abdullah dan Keperempuanan. Dan ketujuh, Basoeki Abdullah dan Keluarga.

Basoeki Abdullah yang dilahirkan di Solo, Jawa Tengah, tahun 1915 telah dianggap sebagai salah satu sosok pelukis yang paling dikenal di Indonesia, karena telah memberi warna dalam praktik dan wacana seni rupa modern Indonesia.

Pameran karya Basuki Abdullah di Museum Nasional Jakarta akan berlangsung tanggal 21-30 September 2015. Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia dijadwalkan membukaan secara resmi pameran tersebut pada 21 September 2015, pukul 19.30 WIB.

 

Tinggalkan komen