Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Begini Cara Mengolah Daging Kambing Agar Cepat Empuk dan Tidak “Prengus”

193
foto: istimewa

Jakartakita.com – Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut dengan lebaran haji identik dengan identik dengan persediaan daging kambing kurban di kulkas. Meskipun biasanya panitia kurban juga membagikan daging sapi kurban, namun biasanya jumlahnya sangat sedikit, kalah banyak dengan daging kambing.

Bagi sebagian orang, memasak daging kambing itu ‘horor’. Maklum saja, daging kambing tergolong ‘susah-susah gampang’ mengolahnya. Daging kambing punya sejumlah keistimewaan yang tidak dimiliki oleh daging sapi. Daging kambing yang berbau ‘prengus’ dan susah empuk membuat tak banyak orang suka mengolahnya sendiri di rumah, walau daging kambing sebenarnya lebih ‘menggoda’ kalau diolah dengan baik.

Lalu bagaimana cara mengolah daging kambing agar cepat empuk dan tidak berbau ‘prengus’?

Begini caranya!

  • Hilangkan prengus dengan mengiris lapisan lemak yang menempel di daging. Mengiris lemak ini pun butuh trik. Caranya masukkan daging kambing ke dalam kulkas hingga membeku. Memisahkan lemak dari dagingnya dengan mengirisnya saat dalam keadaan beku akan lebih mudah ketimbang saat suhu normal.
  • Jangan mencuci daging dan mengolahnya secara langsung setelah kambing disembelih. Karena daging kambing yang dicuci justru jadi penyebab  daging kambing menimbulkan bau prengus yang tajam.
  • Rebus daging kambing yang sudah terlanjur dicuci dengan campuran rempah-rempah agar wangi.
  • Baluri daging kambing dengan potoran nanas! Potong daging kambing dan siram dengan air panas. Lalu celupkan dalam parutan air nanas muda selama 3-4 menit saja. Pilihlah nanas yang masih berwarna hijau.
  • Bungkus dengan daun pepaya. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.
  • Kucuri dengan jeruk nipis. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Nah, kini Anda bisa mengolah daging kambing empuk dan tanpa bau prengus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: