Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atasi Jerawat dengan 5 Bahan ‘Penghuni’ Dapur Ini!

206
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Jerawat dianggap sebagai momok menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya jerawat bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Makanya tak mengherankan bila banyak orang yang frustasi karena jerawat tidak mau pergi, walaupun sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya, termasuk membeli produk-produk penghilang jerawat yang harganya tidak murah.

Padahal kalau Anda tahu, ternyata ada sejumlah bahan penghilang jerawat yang dapat dengan mudah ditemui di dalam dapur. Mau tahu apa sajakah itu?

Berikut jakartakita.com rangkumkan untuk Anda!

1. Garam dapur

Pasti semua orang punya persediaan garam di dapur. Karena garam adalah salah satu bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Tanpa bumbu masak ini, rasa masakan bisa terasa hambar. Siapa sangka, kalau bahan ini ternyata ampuh untuk mengatasi jerawat.

Caranya, cukup dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis atau lemon dengan garam laut. Lalu gunakan larutan tersebut sebagai scrub untuk menghilangkan jerawat.

2. Bawang putih

Selain garam, bawang putih juga merupakan bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat maupun bekas noda akibat jerawat.

Khasiat bawang putih membasmi jerawat diperoleh dari kandungan allicin di dalamnya. Allicin memiliki sifat antijamur untuk menghilangkan segala macam radikal bebas seperti jerawat. Cara memakainya, Anda cukup melumatkan bawang putih, lalu mengoleskannya ke area kulit wajah secara merata.

3. Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan membuat kue, ternyata baking soda juga ampuh membasmi jerawat dan mengurangi peradangan karena jerawat. Mineral alami tersebut memiliki kemampuan sebagai exfoliator, yaitu pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakannya, ambil 2-3 sendok teh baking soda dan campur dengan air hangat sampai berbentuk pasta. Kemudian, gunakan cairan tersebut sebagai masker. Saat memakainya, Anda bisa sambil memijat wajah hingga masker baking soda menyerap merata.

4. Madu

Madu mengandung bahan antibakteri dan antioksidan yang ternyata efektif membersihkan kulit dari jerawat dan mencegah jerawat baru. Tak hanya itu. Madu juga disinyalir dapat membantu membuat kulit tampak lembut, kencang dan lembab.

Anda bisa menggunakan madu untuk masker di wajah berjerawat Anda. Ingin tambah joss? Tambahkan juga air perasan jeruk nipis/lemon ke dalam masker Anda, agar si jerawat cepat mengering.

5. Oatmeal

Selain sehat untuk dikonsumsi. Kandungan alami dalam Oatmeal ternyata juga sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit sekaligus mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati pada kulit.

Caranya dengan mencampur oatmeal dengan susu lalu jadikan masker wajah. Diamkan 10 menit, kemudian pijat-pijat wajah sebelum dibilas dengan air hangat.

Selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: