Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Satelit Karya Anak Bangsa, Lapan A2/Orari Berhasil Diluncurkan

209
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Satelit karya anak bangsa, Lapan A2/Orari berhasil diluncurkan ke antariksa. Menunggang roket milik India, Lapan A2/Orari kini siap memulai misi menjaga kedaulatan Nusantara.

Satelit berhasil diluncurkan pada pukul 11.30 WIB. Pada 21 menit 56 detik setelah peluncuran, roket PSLV C30 beserta 7 satelit, termasuk Lapan A2/Orari berhasil mencapai orbitnya pada ketinggian 650 kilometer dari permukaan Bumi.

Dari kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Jakarta, Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handaka, dan sejumlah tamu undangan menyaksikan peluncuran.

Peluncuran satelit ini bersejarah bagi Indonesia karena, untuk kali pertama, Indonesia berhasil meluncurkan satelit yang 100 persen dibuat di Indonesia. Lapan A2/Orari dirancang, diuji, dan akan dipantau oleh perekayasa Indonesia.

Di luar angkasa, satelit berbobot 78 kilogram tersebut diorbitkan dekat ekuator dengan inklinasi enam derajat pada ketinggian 650 km dari permukaan bumi. Dengan orbit itu, lapan A2 akan melintasi Indonesia selama 14 kali setiap hari dengan periode orbit 100 menit.

Dilansir dari Space Flight, mikrosatelit Lapan A2 Indonesia ini membawa video dan kamera digital untuk mengambil gambar Bumi dari orbit, ditambah muatan untuk sistem pelacakan kapal dan peralatan radio amatir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: