Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Balita Anda Menangis? Begini Cara Mudah Mengatasinya!

69
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda para orang tua yang memiliki anak. Pasti sudah akrab dengan tangisan balita. Sepertinya tangisan tak bisa dipisahkan dari kehidupan balita. Ya, meskipun balita sudah ‘cerewet’, mereka ternyata masih lebih suka menggunakan tangisan untuk mengekspresikan perasaan dan frustrasi sekaligus mencari perhatian orang di sekitarnya.

Namun, jangan khawatir! Lambat-laun kebiasaan balita sering menangis akan hilang saat si kecil memasuki usia sekolah.

Lalu bagaimana caranya mengatasi balita menangis tanpa emosi?

Ini dia tips mudah mengatasi balita menangis versi situs Boldsky:

  • Ketika anak tiba-tiba menangis, pastikan jika dia tidak terluka secara fisik. Kalau luka adalah alasan dia menangis, segera lakukan pertolongan pertama.
  • Kalau si kecil menangis bukan karena kesakitan, cari tahu alasan sebenarnya dengan cara bertanya baik-baik. Gendong dia lalu tepuk-tepuk punggungnya secara halus.
  • Ajak si kecil ke luar ruangan untuk mengalihkan perhatiannya. Cara terbaik untuk mengalihkan emosi adalah mengajak anak ke tempat berbeda.
  • Cobalah untuk berempati dan mengerti perasaan anak. Ini membuat dia merasa dipedulikan. Yakinkah bahwa semua baik-baik saja dan semua yang membuatnya takut akan berlalu.
  • Kalau Anda tahu menangis adalah taktik si kecil untuk mencari perhatian. Katakan padanya saat dia sedang tidak menangis, bahwa apa yang dilakukannya adalah salah. Suruh dia menyampaikan apa yang diinginkannya kepada orang dewasa ketimbang menangis tak jelas.

Selamat mencoba dan bersabar!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: