Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Irlandia Utara Torehkan Sejarah Lolos ke Euro 2016

47

 

foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Irlandia Utara mengalahkan Yunani dengan skor 3-1 dalam pertandingan kualifikasi Euro 2016 Grup F yang berlangsung di Windsor Park, Jumat (9/10/2015) dini hari WIB. Dua gol kapten Steven Davis dan sebiji gol Josh Magennis hanya bisa dibalas Yunani lewat gol Christos Aravidis.

Kemenangan ini menjadi sangat berarti bagi Irlandia Utara, karena mengantarkan mereka lolos ke Euro 2016, ajang kompetisi Eropa pertama dalam sejarah sepakbola negara tersebut. Irlandia Utara yang berada di puncak klasemen lolos dengan mengumpulkan 20 poin dari sembilan laga kualifikasi yang telah dijalani, unggul tiga poin dari Romania di peringkat kedua dan empat poin dari Hongaria di peringkat ketiga.

Irlandia Utara dapat unggul pada menit ke-35 berkat gol Davis. Gelandang Southampton itu menjadi yang tercepat menyambar umpan silang mendatar yang dilepaskan Stuart Dallas. Magennis lalu menggandakan keunggulan Irlandia Utara pada menit ke-49. Striker Kilmarnock yang saat belia bermain sebagai kiper itu menyundul umpan silang Oliver Norwood masuk ke gawang Yunani.

Gol ketiga Irlandia Utara kemudian tercipta 10 menit setelah itu. Berawal dari tendangan sudut Norwood yang bisa dihalau Andreas Samaris dengan kepalanya, bola dapat ditanduk Davis hingga menjadi gol.

Yunani lalu mendapat gol hiburan pada menit ke-86 lewat sontekan Aravidis terhadap umpan Vasileios Torosidis.

 

Hasil pertandingan Grup F lainnya:

Romania 1-1 Finlandia

Ovidiu Hoban 90’+1’ ; Joel Pohjanpalo 66’

Hongaria 2-1 Kepualuan Faroe

Daniel Bode 63’, 73’ ; Roaldur Jacobsen 11’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: