Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Juara Dunia Ditaklukkan Republik Irlandia

47
foto: espn
foto: espn

Jakartakita.com – Juara Piala Dunia 2014, Jerman, ditaklukkan Republik Irlandia dengan skor tipis 0-1 dalam pertandingan kualifikasi Grup D Euro 2016 yang berlangsung di Aviva Stadium, Jumat (9/10/2015) dini hari WIB. Gol tunggal striker Southampton, Shane Long, pada menit ke-70 menjadi penyebab kekalahan ‘Der Panzer’ tersebut.

Kekalahan Jerman dari Republik Irlandia serta hasil imbang 2-2 antara Skotlandia dan Polandia membuat puncak klasemen Grup D kini menjadi ketat saat laga kualifikasi tinggal tersisa satu pertandingan. Jerman yang mengumpulkan 19 poin kini hanya unggul satu poin dari Polandia dan Republik Irlandia.

Tak tampilnya beberapa pemain bintang Republik Irlandia seperti Seamus Coleman dan Ciaran Clark yang cedera serta Glenn Whelan yang menjalani larangan bermain tak serta-merta membuat tim tersebut tidak mampu meladeni permainan Jerman yang tampil dengan kekuatan penuh. Tim tamu yang mengandalkan Mario Gotze yang ditopang trio Thomas Muller, Marco Reus, dan Mesut Ozil kesulitan membongkar pertahanan Republik Irlandia.

Kapten sekaligus bek andalan Republik Irlandia, John O’Shea, dapat memblok tendangan Ilkay Gundogan pada menit ke-13. Sedangkan dua menit kemudian, Richard Keogh dapat mencegah Ozil menyambar umpan silang Matthias Ginter. Setelah itu Muller menceploskan bola ke dalam gawang Republik Irlandia. Tapi tak ada gol tercipta karena asisten wasit telah mengangkat bendera tanda terjadinya offside. Ozil lalu meluncurkan tembakan yang masih melebar.

Jerman menguasai jalannya babak pertama, tapi tak mampu menciptakan gol ke gawang Repulik Irlandia.

Dominasi Jerman di babak pertama berlanjut di babak selanjutnya. Sepuluh menit babak kedua berjalan, umpan silang Reus dapat diterima pemain pengganti Andre Schurrle. Schurrle, yang menggantikan Gotze pada menit ke-35, lalu meluncurkan tendangan voli yang masih melambung.

Republik Irlandia kemudian meluncurkan beberapa serangan, dan satu diantaranya berbuah gol. Long yang baru lima menit merumput menggantikan Daryl Murphy dapat mengejar umpan jauh kiper Darren Randolph, yang menggantikan Shay Given yang cedera pada menit ke-44.

Long lalu menguasai bola, kemudian menaklukkan kiper Jerman Manuel Neuer dengan sebuah tendangan keras terarah.

Jerman di sisa waktu terus menekan. Sundulan bek Mats Hummels terhadap tendangan sudut Reus masih melenceng, demikian juga sebuah tendangan Muller. Tembakan Jerome Boateng sesudah itu masih bisa dihalau Cyrus Christie sebelum melewati garis gawang, sementara sepakan Gundogan diselamatkan Randolph.

Masuknya Karim Bellarabi pada menit ke-77 menggantikan Matthias Ginter dan Kevin Volland menggantikan Gundogan pada menit ke-85 juga tak membuahkan hasil. Pada akhirnya, juara dunia takluk di kandang Republik Irlandia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: