Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

IndonesiaX Gandeng Universitas Terbuka Bikin Kursus Online Terbuka

333
IndonesiaX
foto : jakartakita.com/ikung adiwar

Jakartakita.com – PT Education Technology Indonesia (IndonesiaX), sebuah platform massive open online course (MOOC), Kamis (8/10) lalu di Senayan City, Jakarta, menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Terbuka (UT).

MoU ini ditandatangani oleh Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D dan CEO dan Presiden Direktur IndonesiaX Lucyanna Pandjaitan, serta disaksikan oleh Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX Prof.Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA.

Dengan kerjasama ini, UT akan membuat MOOC atau kursus online terbuka besar-besaran yang ditayangkan di website www.indonesiax.co.id.

Kerjasama ini sekaligus menambah jajaran mitra IndonesiaX yang saat ini terdiri dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, PT Bursa Efek Indonesia, Rumah Perubahan, dan PT Net Mediatama Televisi.

“IndonesiaX akan mendemokratisasi cara belajar dimana masyarakat dapat memperoleh akses pendidikan dari kampus terbaik, termasuk UT, melalui kursus online gratis di website kami,” kata Lucyanna.

Ditambahkan, di era informasi ini sudah seharusnya akses terhadap ilmu pengetahuan dibuka seluas-luasnya bagimasyarakat.

“Sebagai perguruan tinggi yang menerapkan system pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ), UT secara aktif terus mengkampanyekan pentingnya pendidikan terbuka di Indonesia, termasuk melalui penyelenggaraan program-program sertifikat terbuka online (MOOCs) sejak awal tahun 2014 lalu. Oleh karena itu kami menyambut baik kehadiran IndonesiaX dan siap bersinergi untuk menyelenggarakan MOOCs lainnya secara bersama-sama dengan mitra-mitra yang tergabung di IndonesiaX,” papar Tian.

Sejak peluncuran pada 17 Agustus 2015 silam, IndonesiaX  telah menghimpun 17.000 pendaftar kursus. Saat ini IndonesiaX melibatkan MOOC dari tiga MOOC dari universitas dan institusi terbaik di Indonesia. Ketiga MOOC itu antara lain ‘Introduction to Stock Exchange’ dari Bursa Efek Indonesia, ‘Change Management’ dari Rumah Perubahan, dan ‘Cyber Law: Rights and Obligations’ dari Universitas Indonesia.

Dalam waktu dekat, IndonesiaX akan segera meluncurkan putaran kedua kursus-kursus tersebut. Selain itu, IndonesiaX juga akan menghadirkan kursus menarik lainnya yakni ‘Introduction to Engineering and Design’ dari Institut Teknologi Bandung dan ‘Introduction to Broadcasting for Television’ dari PT Net Mediatama Televisi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: