Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Belanda Jaga Asa Lolos ke Euro 2016

62
foto: ap
foto: ap

Jakartakita.com – Belanda menjaga asa lolos ke Euro 2016 dengan mengalahkan Kazakhstan 2-1 dalam pertandingan kualifikasi Grup A yang berlangsung di Ortalyk Tsentralnyi Stadium, Sabtu (10/10/2015). De Oranje unggul berkat gol-gol Georginio Wijnaldum pada menit ke-33 dan Wesley Sneijder pada menit ke-50, sedangkan gol balasan Kazakhstan dicetak Islambek Kuat pada menit 90+5.

Dengan hasil ini, Belanda mengumpulkan 13 poin. Mereka tetap berada di peringkat empat, tertinggal dua poin dari Turki. Pasalnya, Turki menang 2-0 atas tuan rumah Republik Ceko di Sparta Stadium, Minggu (11/10/2015) dini hari WIB berkat penalti Selcuk Inan pada menit ke-62 dan gol Hakan Calhanoglu menit ke-80. Namun, karena laga kualifikasi masih tersisa satu pertandingan, Belanda masih memiliki harapan untuk lolos.

Belanda akan menghadapi Republik Ceko dalam pertandingan terakhirnya di Grup A pada Rabu (14/10/2015) dini hari WIB mendatang. Sedangkan di saat bersamaan Turki melawan Islandia. Islandia dan Republik Ceko telah memastikan diri lolos ke Euro 2016 sebagai juara grup dan runner-up. Islandia dini hari WIB tadi ditahan imbang tamunya Lithuania 2-2. Sempat unggul lewat gol-gol Kolbein Sigthorsson (6’) dan Gylfi Sigurdsson (27’), Islandia lalu kebobolan gol-gol Aleksandrs Cauna (49’) dan Valerijs Sabala (68’).

Dalam pertandingan melawan Kazakhstan, winger Ajax Amsterdam Anwar El Ghazi melakukan debut untuk De Oranje. Ia dimainkan pelatih Danny Blind sebagai starter bersama Memphis Depay dan Klaas-Jan Huntelaar di lini depan Belanda. Mereka didukung Sneijder, Wijnaldum, dan Daley Blind dari lini tengah.

El Ghazi yang baru berusia 20 tahun tampil aktif sejak awal, ia membuat Yuri Logvinenko telah menerima kartu kuning pada menit pertama laga akibat mencoba menghentikannya. Sebuah tendangan lalu diluncurkan El Ghazi pada menit ke-tujuh yang membuat kiper Kazakhstan Stas Pokatilov bersusah payah mengamankan gawangnya.

Kazakhstan kemudian mendapat peluang, sundulan Konstantin Engel terhadap tendangan sudut Ulan Konysbayev masih dapat ditinju kiper Belanda Tim Krul. Sebuah sundulan Wijnaldum terhadap crossing El Ghazi setelah itu melenceng dari gawang tim tuan rumah.

Sekitar 12 menit sebelum turun minum, Wijnaldum membawa Belanda unggul. Setelah menerima umpan El Ghazi, ia meluncurkan tendangan kanon dari jarak 20 meter yang bersarang di gawang Kazahkstan.

Saat babak kedua berjalan lima menit, keunggulan Belanda bertambah. Umpan matang Huntelaar dapat dituntaskan tendangan keras Sneijder menjadi gol.

Belanda terus menyerang, pada menit ke-64 tendangan Wijnaldum masih melambung di atas mistar gawang. Empat menit kemudian, pemain Kazakhstan Timur Dosmagambetov meluncurkan sepakan yang tak tepat sasaran. Sedangkan tembakan El Ghazi pada menit ke-70 dapat ditangkap Pokatilov.

Sekitar 10 menit laga tersisa, Sneijder diganti Ibrahim Afellay. Tiga menit berselang, Krul yang cedera diganti kiper PSV Eindhoven, Jeroen Zoet. Pergantian terakhir, Belanda mengganti Huntelaar dengan Robin Van Persie. Inilah penampilan ke-100 Van Persie bersama De Oranje.

Di menit ke-lima tambahan babak kedua, Kazahkstan mendapat gol hiburan. Kuat mencetak gol dari jarak dekat meneruskan umpan sundulan Sergey Khizhnichenko.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: