Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Belgia Rebut Puncak Klasemen Grup B dari Wales

192
radja nainggolan belgium
foto: ap

Jakartakita.com – Belgia sukses meraih kemenangan 4-1 saat bertandang ke Andorra dalam pertandingan kualifikasi Euro 2016 Grup B yang berlangsung di Estadi Comunal de Aixovall, Minggu (11/10/2015) dini hari WIB. Gol-gol Rode Duivels berasal dari Radja Nainggolan, Kevin De Bruyne, penalti Eden Hazard, dan Laurent Depoitre, sedangkan gol balasan tuan rumah dicetak Ildefons Sola Lima lewat titik putih.

Kemenangan yang diraih membawa Belgia merebut puncak klasemen Grup B dari Wales, karena di waktu bersamaan Wales kalah 0-2 saat bermain melawan Bosnia-Herzegovina di Olympic Stadium Kiev. Meski diperkuat pemain-pemain bintangnya macam Gareth Bale dan Aaron Ramsey, Wales tak mampu mencetak gol sebiji pun dalam pertandingan tersebut. Sedangkan Bosnia-Herzegovina yang tanpa striker andalan Edin Dzeko mendapat gol lewat Milan Djuric pada menit ke-71 dan Vedad Ibisevic pada menit ke-90.

Belgia memuncaki klasemen Grup B dengan 20 poin, disusul Wales di peringkat kedua dengan 18 poin. Bosnia-Herzegovina kini di peringkat ketiga dengan 14 poin, karena Israel kalah 1-2 saat menjamu Siprus di Ramat Gan Stadium juga dini hari WIB tadi. Israel kini di peringkat empat, tertinggal satu poin dari Bosnia-Herzegovina, disusul Siprus dengan 12 poin di peringkat lima.

Melawan tim juru kunci Grup B yang belum mendapat poin sebiji pun, Belgia tampil dominan sepanjang laga. Nainggolan membawa Rode Duivels unggul pada menit ke-19, setelah tendangan pemuda berdarah Batak ini meluncurkan tendangan kanon dari jarak 25 meter yang tak bisa dibendung kiper Andora Ferran Poli.

De Bruyne lalu menambah keunggulan Belgia tiga menit sebelum turun minum. Tendangan bebasnya dari jarak 30 meter meluncur mulus masuk ke gawang Andorra.

Setelah turun minum, Andorra sempat mendapat angin. Jan Vertonghen menjatuhkan Victor Hugo Moreira di kotak penalti Belgia. Wasit menunjuk titik putih, Lima lalu menaklukkan kiper Belgia Simon Mignolet.

Pada menit ke-56, Belgia kembali unggul dua gol. Kali ini penalti didapat Belgia setelah Oscar Sonejee melakukan handsball di kotak penalti Andorra. Hazard yang menjadi algojo penalti dengan sempurna menjalankan tugasnya.

Depoitre yang tampil sebagai debutan dalam laga ini lalu mencetak gol ke-empat Belgia pada menit ke-64. Ia mampu menyambar umpan silang Dries Mertens.

Saat babak kedua tersisa 12 menit, Belgia mendapat peluang emas mendapat gol ke-lima. Gabriel Riera melakukan handsball di kotak penalti Andorra, sehingga wasit kembali mencetak titik putih. Tapi Hazard yang menjadi eksekutor kali ini gagal menaklukkan Poli.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: