Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tanpa Ronaldo, Portugal Mampu Kalahkan Serbia 2-1

98

foto: espn
foto: espn
Jakartakita.com – Meski bermain tanpa pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo, Portugal mampu kalahkan Serbia 2-1 dalam pertandingan pamungkas kualifikasi Euro 2016 Grup I yang berlangsung di Stadion Crvena Zvezda, Minggu (11/10/2015). Luis Nani yang menjadi kapten tim dalam pertandingan ini membawa Portugal unggul pada menit ke-lima. Zoran Tosic lalu menciptakan gol penyeimbang pada menit ke-65, tapi Joao Moutinho kembali membawa Selecao das Quinas unggul pada menit ke-78.

Dua pemain Serbia menerima kartu merah dalam pertandingan ini. Bek Manchester City Aleksandar Kolarov setelah berada di bangku cadangan menerima kartu kuning kedua yang berujung kartu merah karena memprotes gol Moutinho. Ia sebelumnya digantikan Ivan Obradovic pada menit ke-77. Sedangkan Nemanja Matic menerima kartu merah pada menit ke-81 karena melayangkan tangan ke muka Andre Andre.

Dengan hasil ini Portugal memuncaki klasemen dengan 21 poin dari delapan laga kualifikasi. Serbia yang penuh masalah dalam kualifikasi, termasuk menerima pemotongan tiga poin karena keributan dalam laga di Albania, berakhir di peringkat empat dengan empat poin.

Tampil sebagai runner-up grup adalah Albania, yang pada pertandingan kualifikasi terakhirnya mengalahkan tuan rumah Armenia 3-0 di Republican Stadium dalam waktu bersamaan laga Serbia vs Portugal berlangsung. Gol bunuh diri pemain Armenia, Kamo Hovhannisyan, pada menit ke-sembilan serta gol-gol Berat Djimsiti pada menit ke-24 dan Armando Sadiku pada menit ke-76 menghasilkan kemenangan bersejarah Albania yang menghantarkan negara tersebut pertamakalinya lolos ke kejuaraan Eropa. Denmark yang berada di peringkat ketiga klasemen dengan 12 poin masih berpeluang lolos ke Euro 2016 lewat babak play-off.

Meski bermain tanpa Ronaldo yang diberi waktu libur karena Portugal telah lolos, tim Selecao das Quinas tampil menggebrak sejak awal laga. Baru lima menit babak pertama berjalan, Nani telah mencetak gol pertama. Winger Fenerbahce itu menyambar bola rebound tembakan Danny yang sempat ditepis kiper Vladimir Stojkovic.

Serbia kemudian berusaha membalas, tapi sundulan striker Newcastle United Aleksandar Mitrovic terhadap umpan silang Tosic pada menit ke-20 masih belum tepat sasaran. Tembakan Tosic enam menit kemudian juga belum merepotkan kiper Rui Patricio. Tosic baru memaksa Patricio melakukan penyelamatan lewat sebuah sepakan pada menit ke-32. Pada menit ke-38, kembali Patricio beraksi dengan menepis tendangan Adem Ljajic.

Karena cedera, Bruno Alves diganti Calos Luis Neto saat turun minum. Sekitar lima menit babak kedua berjalan, Mitrovic dan Danilo yang bersitegang menerima kartu kuning. Danilo menjadi pemain Portugal ke-empat dalam laga ini yang menerima kartu kuning, setelah Nelson Semedo, Danny, dan Nani. Pada menit ke-57, Danny digantikan Eder.

Tiga menit berselang, Tosic mengancam gawang Portugal. Tendangannya masih bisa ditangkap Patricio. Sepakan Dusan Tadic kemudian bisa diblok Jose Fonte, sedangkan upaya Matic dan Kolarov masih melebar.

Serbia baru bisa menciptakan gol penyama kedudukan saat babak kedua berjalan 20 menit. Umpan tarik Kolarov dapat dituntaskan Tosic dengan sempurna. Lima menit setelah itu, Portugal melakukan pergantian pemain terakhir, Moutinho menggantikan Miguel Veloso.

Pada menit ke-77, Kolarov ditarik keluar diganti Obradovic. Moutinho kemudian mencetak gol penentu kemenangan Portugal. Berawal dari body charge yang dilakukan Eliseu terhadap Tosic, bola berhasil direbut bek kiri Portugal tersebut. Ia mengirim umpan tarik yang bisa diterima Moutinho di luar kotak penalti Serbia. Gelandang AS Monaco ini lalu meluncurkan tendangan terarah yang bersarang dengan mulus ke gawang Serbia. Protes keras dilakukan Kolarov atas terjadinya gol, hingga ia menerima kartu kuning kedua. Serbia juga harus kehilangan Matic saat laga tersisa sembilan menit.

Kartu kuning kemudian diterima Andre Andre pada menit ke-84 karena melakukan protes. Satu menit berselang, dua pergantian pemain dilakukan Serbia. Petar Skuletic menggantikan Mitrovic, Miralem Sulejmani menggantikan Tosic. Tapi pergantian pemain ini tak menghasilkan perubahan. Saat laga usai, papan skor menunjukkan kemenangan 2-1 Portugal atas tuan rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: