Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inggris Sempurna dalam Kualifikasi

79

england to euro 2016Jakartakita.com – Inggris mengakhiri kualifikasi Euro 2016 dengan sempurna. Bertandang ke LFF Stadium, Vilnius, dalam pertandingan pamungkasnya di Grup E, Selasa (13/10/2015) dini hari WIB, Inggris meraih kemenangan 3-0. Gol-gol penentu kemenangan Inggris berasal dari Ross Barkley pada menit ke-29, gol bunuh diri kiper Lithuania Giedrius Arlauskis pada menit ke-35, dan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-62.

Kemenangan atas Lithuania adalah kemenangan ke-10 dalam 10 pertandingan kualifikasi yang dijalani Inggris. Inilah pertamakalinya The Three Lions mencatatkan rekor tersebut. Sebelumnya, hanya Perancis (1992, 2004), Republik Ceko (2000), Jerman, Spanyol (2012) yang pernah meraih hasil sempurna dalam kualifikasi kejuaraan Eropa.

Laga di Vilnius diawali keributan sebelum kick-off. Para pendukung Inggris yang membeli tiket dengan tempat duduk di tribun pendukung tuan rumah bentrok dengan para pendukung Lithuania. Polisi anti huru hara harus turun tangan membubarkan perkelahian yang terjadi.

Dalam 20 menit pertama pertandingan, striker Tottenham Hotspur Harry Kane tiga kali melakukan tendangan ke gawang Lithuania. Namun ketiganya masih bisa diselamatkan Arlauskis. Gol pertama Inggris malah berasal dari Barkley. Gelandang Everton itu menyarangkan bola ke gawang Lithuania dengan sebuah tembakan keras dari luar kotak penalti.

Barkley terus aktif membongkar pertahanan Lithuania, mengingatkan para pendukung Inggris akan sosok Steven Gerrard yang memiliki daya jelajah dan daya juang tinggi.

Sekitar 10 menit sebelum turun minum, gol kedua Inggris tercipta. Kane melakukan umpan satu dua dengan Adam Lallana, lalu meluncurkan tembakan ke arah gawang Lithuania. Bola mengenai tiang gawang lalu memantul punggung Arlauskis dan bergulir masuk ke gawang Lithuania. Tiga menit sebelum turun minum, Jonjo Shelvey melakukan tembakan, tapi bola dapat ditangkap Arlauskis.

Di awal babak kedua Kane hampir mencetak gol. Tendangannya dapat ditepis Arlauskis lalu bola rebound kembali ditembakkannya. Tapi bek Lithuania, Linas Klimavicius, masih bisa melakukan blok terhadap bola yang mengarah ke gawang. Setelah itu Arlauskis melakukan penyelamatan gemilang terhadap upaya Barkley.

Namun akhirnya gawang Arlauskis bobol lagi di pertengahan babak kedua. Oxlade-Chamberlain lolos dari perangkap offside untuk menerima umpan terobosan Kyle Walker. Pemain Arsenal ini lalu menyarangkan bola ke pojok kiri atas gawang tuan rumah.

Hasil pertandingan terakhir Grup E lainnya:
Estonia 0-1 Swiss
Ragnar Klavan 90’+4′ (bd)
San Marino 0-2 Slovenia
Bostjan Cesar 54’, Nejc Pejnic 75’
* Swiss lolos ke Euro 2016 sebagai runner up dengan 21 poin. Slovenia akan bermain di babak play-off setelah finis di peringkat ketiga dengan 16 poin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: