Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wirausahawan Muda Indonesia Berjaya di Ajang Young Social Entrepreneurs 2015

282
Ecodoe - Young Social Entrepreneurs (YSE) 2015
foto : ecodoe.com

Jakartakita.com – Empat tim wirausahawan muda Indonesia berhasil memenangkan Young Social Entrepreneurs (YSE) 2015. Mereka menggungguli 15 tim finalis lainnya dari seluruh dunia dan menunjukkan kemampuan mereka menggagas bisnis yang bermisi sosial, yang berdampak pada masyarakat dan berkelanjutan dari sisi manajemen dan operasional.

Ke-empat tim ini, yakni Ecodoe, kelompok anak muda yang memberdayakan pengrajin lokal dan ibu rumah tangga di Jawa Barat; Osiris, yang memberdayakan masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik dan petani buah naga di Jogjakarta; STARTIC, sekumpulan pemuda yang berupaya memberdayakan masyakat terpinggirkan (marjinal) untuk memproduksi kerajina dari produk daur ulang) dan WateROAM, pencipta inovasi sistem penyaring air yang berguna di daerah-daerah yang terkena bencana, terutama di negara-negara berkembang.

Mereka merupakan bagian dari total keseluruhan 16 pemuda Indonesia yang berhasil maju ke babak final dan telah memberikan yang terbaik pada program YSE yang diselenggarakan oleh Singapore International Foundation (SIF) 2015.

Keempat tim ini dinilai dewan juri menawarkan berbagai gagasan perubahan hidup yang dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup sebagai perwujudan dari misi sosial mereka yang progresif.

Mereka dievaluasi berdasarkan dampak, skala dan keberlanjutan dari kewirausahaan sosial mereka, hingga akhirnya terpilih mendapatkan skor tertinggi dengan gagasan bisnis yang paling praktikal.

Sebagai tim pemenang, masing-masing tim menerima bantuan pendanaan dari SIF hingga sebesar SGD $20,000 atau setara dengan sekitar Rp200 juta untuk meningkatkan atau memajukan kewirausahaan sosial mereka.

Asal tahu saja, YSE Singapore International Foundation 2015 didukung oleh Ashoka, Asia Philanthropic Ventures, McKinsey & Company, Expara Ventures, Google, Intellecap, mahasiswa dan alumni Harvard, INSEAD, Kellogg School of Management, Nanyang Business School and NUS Business School.

Perusahaan yang bergabung menjadi sponsor tahun ini adalah SAP, perusahaan global penyedia piranti lunak untuk bisnis. Keterlibatan SAP meningkatkan jumlah pendanaan bagi tim-tim yang terpilih, memungkinkan mereka untuk melakukan perubahan sosial yang lebih berarti dan berdampak luas.

Sementara itu, pendaftaran untuk Young Social Entrepreneurs 2016 telah dibuka, bagi yang berminat, silahkan klik www.sif.org.sg/yseapply untuk mendaftar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: