Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Begini Ceritanya Mengapa Hari Ini Diperingati Sebagai Hari Blogger Nasional

279
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Hari ini, Selasa (27/10/2015) para blogger memperingati Hari Blogger Nasional yang kedelapan. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan  pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab,  yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Untuk di Indonesia, menurut Enda Nasution, pria yang dijuluki sebagai “Bapak Blogger Indonesia” ini perkembangan blog di Indonesia dibagi menjadi tiga generasi. Generasi pertama terjadi pada 1998-2001, dan biasanya berkumpul di mesin msn.or.id. Menurut cerita Enda di blog-nya enda.goblogmedia.com, pada 2001 itu blogger Indonesia masih bisa dihitung dengan jari.

Generasi kedua mulai 2001-2002. Di era inilah, mulai bermunculan blog ke permukaan dengan inovasi-inovasi yang banyak orang lakukan dengan blog. Misalnya saja blog audio (podcast), blog fotografi yang kemudian disusul dengan blog video (vlog). Selain itu di generasi ini juga muncul banyak blogger seperti blogbugs (Indonesia), bbv.r.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta).

Selanjutnya generasi ketiga dimulai pada 2004 sampai hari ini. Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Seperti Raditya Dika yang terkenal karena blognya yang fenomenal. Kambing Jantan yang merupakan celotehannya di blog sukses dibukukan dan diangkat ke layar lebar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: