Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Baru Lulus? Pastikan Anda Punya Kriteria Ini Agar Dilirik Perusahaan!

481
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Mencari kerja di masa seperti ini memang bukan hal mudah. Apalagi bagi para lulusan baru atau fresh graduate. Namun bukan berarti, tidak ada kesempatan bagi fresh graduate untuk bersaing mendapatkan kursi di perusahaan bonafid.

Bagi Anda para lulusan baru atau masih menjadi mahasiswa, pastikan Anda memiliki kriteria berikut supaya dilirik oleh perusahaan:

1. Punya segudang pengalaman

Menjadi mahasiswa bukan berarti Anda tidak boleh punya kegiatan lain selain belajar dan belajar. Carilah pengalaman positif sebanyak-banyaknya selagi masih kuliah. Anda bisa ikut organisasi kampus, komunitas hobi atau malah ikutan magang di perusahaan-perusahaan bergengsi.

2. Punya nilai akademis yang bagus

Nilai akademis bagus menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab menjalankan tugas Anda sebagai seorang mahasiswa. Tak perlu IPK cum laude untuk mencuri perhatian perusahaan yang akan meng-hire Anda, tetapi setidaknya IPK Anda tidak memalukan. Ayo perbaiki cara belajar Anda di kampus.

3. Kreatif

Orang kreatif banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan bonafid. Orang kreatif biasanya punya inisiatif tinggi tanpa harus menunggu perintah sang bos. Dan dari orang kreatif lah biasanya gagasan luar biasa akan lahr.

4. Memiliki Motivasi Kerja yang Tinggi

Itulah mengapa di setiap surat lamaran biasanya dituliskan embel-embel punya motivasi tinggi dan siap bekerja dalam tekanan. Perusahaan-perusahaan memang mencari SDM yang ‘tahan banting’.

5. Tidak Takut Mencoba

Jangan takut mencoba pengalaman baru meskipun Anda bukan lulusan bidang yang Anda lamar. Di dunia nyata, tidak banyak sarjana yang beruntung bekerja sesuai bidangnya. Kalau ada kesempatan tawaran pekerjaan yang sama sekali baru buat Anda, mengapa tidak dicoba? Toh, kesempatan emas tidak akan datang dua kali.

6. Profesional

Meskipun baru lulus, maka Anda perlu bersikap profesional. Pastikan Anda tidak datang ke wawancara kerja dengan koleksi ripped jeans Anda ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: