Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Indonesia Infrastructure Week 2015 Agendakan Dialog Dari Empat Sektor Industri Utama

348
infrastructureWeek@2015
foto : ikung adiwar

Jakartakita.com – Ajang tahunan pameran Indonesia Infrastructure Week (IIW), kembali digelar. Kali ini, IIW 2015 digelar di Jakarta Convention Centre mulai tanggal 4-6 November 2015.

Ditemui disela-sela kegiatan acara, Rabu (4/11/2015), Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Infrastruktur, Zulnahar Usman, mengatakan tahun 2015 tetap merupakan tahun yang potensial bagi Indonesia, terutama karena masyarakat mulai merasakan hasil dari pembangunan infrastruktur yang dicanangkan tahun-tahun sebelumnya.

Dijelaskan, pertumbuhan ekonomi ditargetkan menjadi 5.2 per sen tahun ini, dengan komitmen Presiden Joko Widodo untuk menyediakan US$ 5 miliar yang nantinya akan dikelola oleh lembaga usaha milik negara yang akan mencakup pertumbuhan proyek 11 mega infrastruktur.

Secara garis besar, lanjut dia, pemerintah akan menggunakan sebesar Rp 5.519 triliun dalam lima tahun mendatang dalam proyek infrastruktur dengan sekitar Rp 2.216 triliun berasal dari budget pemerintah.

“Dengan investasi yang besar ini dan besarnya risiko yang dipertaruhkan, seluruh bangsa Indonesia perlu bekerja bersama-sama untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dapat berjalan lancar,” ujar Zulnahar.

Ditambahkan, beberapa permasalahan telah berhasil diidentifikasi, yaitu: kurangnya kapasitas dalam menyerap teknologi baru dan kurangnya ekosistem yang mendukung investasi.

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh pemangku kepentingan perlu menjawab kebutuhan industri berbasis teknologi dengan menyediakan jumlah tenaga kerja yang cukup, baik di perkotaan maupun daerah-daerah. Apabila terlaksana, kata dia, hal ini nantinya akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan dapat mengurangi tingkat pengangguran.

“Tantangan selanjutnya adalah memastikan bahwa kita dapat mendukung pertumbuhan dengan menggunakan teknologi terbaru dengan program infrastruktur yang berkelanjutan dan inklusif,” sambungnya.

Adapun di tahun 2015 ini, selain membicarakan tentang seluruh aspek penting dari infrastruktur seperti pelabuhan, transportasi, pembangkit listrik, penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah, fokus dari acara IIICE ini adalah untuk mempercepat implementasi berbagai program pembangunan infrastruktur di tingkat nasional maupun daerah, dengan mengurangi bottlenecks dan memastikan bahwa rencana infrastruktur berjalan baik tanpa hambatan.

“Kamar Dagang Indonesia (KADIN) mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya melalui Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) 2015 ini,” imbuhnya.

IIW 2015 akan memiliki agenda pameran dan dialog dari empat sektor industri utama, yaitu; Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) 2015, diselenggarakan oleh KADIN Indonesia; Konstruksi Indonesia (KI) 2015, diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Airports and Aviation Indonesia (AAI) 2015, diselenggarakan oleh  Masyarakat Transportasi Indonesia; Connect Expo Comm Indonesia (CECI)  2015, diselenggarakan oleh Masyarakat Telematika Indonesia.

Pengunjung yang hadir di masing-masing acara akan mendapatkan akses di keempat acara dan dapat berpartisipasi di pertemuan dengan para buyer untuk menambah kontak bisnis.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: