Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Penalti Pjanic Jadi Penentu Kemenangan Roma Atas Leverkusen

161

foto: espn
foto: espn
Jakartakita.com – AS Roma memenangi duel melawan Bayer Leverkusen dengan skor 3-2 dalam pertandingan matchday keempat Grup E Liga Champions yang berlangsung di Stadio Olimpico, Kamis (5/11/2015) dini hari WIB.

Roma sempat unggul dua gol lewat Mohamed Salah (2’) dan Edin Dzeko (29’). Tapi Leverkusen dapat menyamakan kedudukan melalui Admir Mehmedi (46’) dan Javier ‘Chicharito’ Hernandez (51’).

Pjanic kemudian menjadi penentu kemenangan Roma lewat penalti yang dicetaknya (80’). Penalti diberikan setelah Salah dijatuhkan Omer Toprak di kotak penalti Leverkusen. Akibat pelanggaran yang dilakukannya, Toprak menerima kartu merah.

Kemenangan yang diraih membuat Roma menggeser Leverkusen dari peringkat kedua klasemen. Roma mengumpulkan lima poin, unggul satu poin dari klub Jerman tersebut.

Pelatih Roma Rudi Garcia menurunkan formasi menyerang dalam pertandingan ini, Dzeko ditemani Gervinho dan Salah di lini depan. Mereka didukung Pjanic, Daniele De Rossi, dan Radja Nainggolan dari lini tengah.

Bermainnya tiga pemain bernaluri menyerang di lini depan membuat Roma unggul cepat. Sebuah serangan balik Il Lupi diakhiri dengan umpan terobosan Dzeko kepada Salah. Winger Mesir itu lalu menaklukkan kiper Bernd Leno dengan sontekan kaki kiri.

Roma terus menekan, pada menit ke-21 Pjanic meluncurkan tendangan jarak jauh yang masih bisa ditepis Leno. Delapan menit setelah itu Dzeko menggandakan keunggulan Giallorossi. Umpan Nainggolan dapat diterima Dzeko lalu dilesakkan ke gawang Leverkusen dengan tendangan kaki kanan.

Perlahan tapi pasti, Leverkusen kemudian dapat membangun serangan demi serangan. Semenit sebelum babak pertama usai, umpan silang Giulio Donati dapat diterima Chicharito di kotak penalti Roma. Tapi tembakan mantan striker MU itu bisa diselamatkan kiper Wojciech Szczesny.

Di awal babak kedua, Karim Bellarabi masuk menggantikan Stefan Kiesling yang tampil kurang optimal. Semenit babak ini berjalan Leverkusen mendapat gol pertama dalam laga. Umpan Kevin Kampl dari sayap kanan dilesakkan Mehmedi ke pojok kiri atas gawang Roma. Lima menit berselang, gol penyama kedudukan dicetak Chicharito dengan memanfaatkan umpan terobosan Bellarabi.

Alessandro Florenzi mengalami cedera pada menit ke-56 dan harus ditarik keluar lapangan. Maicon masuk menggantikannya. Leverkusen terus menekan dan nyaris menjadi unggul pada menit ke-58. Tembakan Mehmedi mengarah gawang Roma tapi masih bisa ditangkis Szczesny.

Roma kemudian melakukan pergantian pemain kedua pada menit ke-68, Juan Manuel Iturbe menggantikan Gervinho. Lima menit kemudian, berganti pergantian pemain dilakukan Leverkusen, Christoph Kramer masuk menggantikan Bellarabi yang cedera.

Pada menit ke-75 Nainggolan meluncurkan tendangan jarak jauh yang bisa diselamatkan Brno. Semenit setelah itu Maicon mengalami masalah dengan kakinya, hingga harus digantikan Vasilis Torosidis.

Sekitar 10 menit sebelum laga usai, Roma dapat kembali unggul lewat penalti Pjanic. Penalti diberikan setelah Salah dilanggar Toprak di kotak terlarang. Akibat pelanggaran yang dilakukannya, Toprak harus keluar lapangan duluan.

Dua menit babak kedua tersisa, wonderkid Leverkusen Julian Brandt masuk lapangan menggantikan Mehmedi. Sebuah umpan terobosan diluncurkan winger berusia 19 tahun itu dan dapat diterima Chicharito, tapi peluang menjadi sirna karena telah terjadi offside.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: