Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ternyata Terlalu Banyak Tidur dan Kurang Tidur Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

210
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Bila di hari kerja, Anda sering kekurangan waktu tidur karena setumpuk pekerjaan kantor yang membuat Anda harus pulang malam. Belum lagi Anda harus berhadapan dengan kemacetan khas ibukota saat pulang kantor. Biasanya keesokan harinya Anda akan merasa mengantuk dan lelah sepanjang hari belum lagi kurang konsentrasi.

Kebanyakan orang beranggapan dapat membayar kekacauan akibat kekurangan waktu tidur di hari kerja dengan tidur sepanjang hari di akhir pekan atau hari libur. Padahal ternyata itu salah besar. Hasilnya, Anda hanya akan merasa lelah seperti hari sebelumnya.

Tidur lebih dari 8 jam sehari atau kurang tidur, keduanya bisa merusak siklus tidur seseorang yang akhirnya berpengaruh pada kesehatan fisik maupun psikologis.

Saat seseorang tidur berlebih, akan terjadi perubahan jam biologis yang menghasilkan perubahan fisik, mental, serta prilaku. Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang bangun kesiangan misalnya, dapat mengalami sejumlah efek samping seperti pusing sepanjang hari, sering mengantuk, serta kelelahan yang tak jelas penyebabnya. Para peneliti beranggapan, terlalu banyak tidur memiliki efek padaneotransmitter dalam otak, terutama serotonin.

Saat terlalu banyak tidur menjadi sebuah “kebutuhan”, maka kondisi tersebut bisa mengarah pada kondisi medis yang disebut hipersomnia. Gejalanya, walau sudah mendapat tidur cukup saat malam, namun masih saja merasa kelelahan dan mengantuk di siang hari.

Seperti dilansir dari Medical Daily, komplikasi kesehatan jangka panjang yang mungkin ditimbulkan antara lain sakit punggung bagian bawah, diabetes, stroke, bahkan penyakit jantung. Sedang untuk komplikasi secara psikologis bisa berupa kecemasan, kurang bergairah, hilang nafsu makan, penurunan memori, serta emosi yang tidak stabil.

Nah, jadi jangan gunakan akhir pekan Anda hanya untuk tidur ya! Ini saat Anda bersenang-senang sebelum hari kerja datang. Atau Anda bisa jadwalkan hari itu untuk kerjabakti membersihkan rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: