Take a fresh look at your lifestyle.

Wow…Tahun 2017 Setiap Desa Dapat Dana Desa Lebih Dari Rp 1 Miliar

0 743
uang
foto : istimewa

Jakartakita.com – Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, Pemerintah pusat pada tahun 2016 mendatang, akan menaikkan anggaran dana desa yang berasal dari APBN sebesar Rp46,9 triliun atau naik dua kali lipat lebih dibanding 2015 sebesar Rp20,7 triliun.

“Kalau saat ini rata-rata setiap desa mendapatkan Rp280 juta, maka pada tahun 2016 masing-masing desa rata-rata mendapatkan Rp628 juta,” katanya, belum lama ini di Jakarta.

Related Posts
1 daripada 5,734

Jumlah tersebut, jelas Bambang, akan kembali naik pada 2017 di mana setiap desa, sudah akan mendapatkan dana desa dari APBN sebesar Rp1 miliar. Dana tersebut, belum termasuk dana desa yang dialokasikan dari APBD, sehingga total desa bisa lebih dari Rp1 miliar.

Jumlah uang tersebut, tutur dia, bukanlah jumlah yang kecil, sehingga mulai sekarang seluruh aparat desa dan kepala desa sudah harus mempersiapakan diri, untuk bisa mengelola dana desa dengan baik.

“Mengelola dana dari awalnya Rp280 juta menjadi Rp600 juta lebih, bukanlah persoalan mudah, apalagi menjadi Rp1 miliar. Itu berarti, seluruh aparat yang terkait, harus benar-benar siap dan membekali diri dengan berbagai kemampuan untuk memanfaatkan bagi sebesar-besarnya kepentingan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Pemerintah desa, sambung dia, juga harus mulai mencari potensi yang ada di desa masing-masing untuk dikembangkan menjadi potensi unggulan, sehingga desa akan lebih mudah berkembang bersama dengan dana yang telah dikucurkan.
 

Tinggalkan komen