Take a fresh look at your lifestyle.

PJI Gandeng HSBC Luncurkan Program ‘Anak Cerdas’, Dorong Pemahaman Literasi Keuangan Sejak Dini

0 1,044
Peresmian program Literasi Keuangan ANAK CERDAS _ PJI HSBC OJK DIKBUD
foto : istimewa

Jakartakita.com – Prestasi Junior Indonesia (PJI), organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan kewirausahaan, kesiapan dunia kerja dan kesadaran finansial, Rabu (11/11/2015) lalu, di Museum Bank Indonesia, mengumumkan digelarnya program literasi keuangan bertajuk “Anak Cerdas.” Program ini bertujuan mendorong anak untuk lebih memahami nilai-nilai keuangan dan pengelolaannya sejak usia sekolah dasar.

Menggandeng HSBC, program Anak Cerdas akan digelar di 31 Sekolah Dasar dengan menyasar 13,000 siswa dan 150 guru di 12 kota di Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Manado dan Pontianak.

PJI menerapkan program ini dengan metode pengajaran digital menggunakan tablet. Melalui tablet yang disediakan, siswa dapat terlibat dalam beragam simulasi interaktif tentang gaya hidup keseharian yang diharapkan dapat dijadikan landasan untuk semakin memahami arti “kebutuhan” dan “keinginan”, serta mengerti konsep dasar keuangan.

Related Posts
1 daripada 5,042

“Pengajaran literasi keuangan sejak usia dini sangat penting untuk dilakukan di zaman yang sangat kompetitif dan sarat dengan konsumerisme. Dengan mengajarkan literasi keuangan sejak dini, kami ingin menguatkan dasar pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai yang berhubungan dengan uang. Kami berharap, anak-anak sudah mulai memahami dari mana uang berasal, bagaimana mendapatkannya dengan benar, bagaimana sebaiknya mengelolanya, seberapa penting harus menabung, hingga mengajarkan fungsi uang untuk kepentingan sosial. Secara mendasar, mereka kita ajarkan untuk memahami dan dapat membedakan antara ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan’. Mereka juga akan kami ajarkan pentingnya integritas dan tanggungjawab keuangan di pembelajaran literasi keuangan ini,” ujar Natalia Soebagyo, Anggota Badan Nasional, PJI.

“Bagi kami HSBC, keberlanjutan kami artikan sebagai upaya membangun bisnis jangka panjang dengan senantiasa memperhatikan pertimbangan sosial, lingkungan dan ekonomi dalam pengambilan keputusan. Hal ini memungkinkan kami untuk memacu kegiatan usaha seraya berkontribusi bagi pertumbuhan serta kelestarian masyarakat. Kami bangga dapat terlibat dalam upaya mendukung pemahaman finansial di Indonesia,” sambung Sumit Dutta, Country Manager dan Chief Executive HSBC Indonesia.

Asal tahu saja, kontribusi ini merupakan bagian dari rangkaian investasi kemasyarakatan HSBC yang dilakukan secara global sekaligus menandai ulang-tahunnya ke-150.

HSBC telah berkomitmen untuk menyumbang sebesar 150 juta dollar AS guna mendukung program-program kemasyarakatan selama tiga tahun (2015-2017) di seluruh dunia.

 

Tinggalkan komen