Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Enam Minuman yang Jadi Idola di Musim Hujan

417
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Musim hujan identik dengan suhu dingin, oleh sebabnya makanan dan minuman hangatlah yang menjadi incaran banyak orang. Minuman dingin atau es justru tak banyak dicari sebagai suguhan.

Setidaknya ada enam minuman hangat yang jadi idola di musim hujan. Minuman apa sajakah itu?

Teh 

Kalau di musim panas, teh hangat jarang disentuh. Maka musim hujan ini, secangkir teh hangat seakan jadi minuman wajib.

Teh memang dikenal mengandung kafein alami dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Teh juga dipercaya memiliki efek yang baik untuk metabolisme tubuh. Di musim hujan seperti ini, tubuh jadi mudah sakit. Meminum teh secara rutin juga dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh.

Kopi

Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat menenangkan tubuh. Musim hujan identik dengan rasa kantuk yang bisa datang tiba-tiba. Kefein dalam kopi bisa menyegarkan tubuh dan mengembalikan energi.

Coklat

Selain dikenal sebagai bahan makanan, cokelat olahan bisa diminum langsung. Cokelat mengandung antioksidan dan mengandung senyawa yang bisa menenangkan otak. Secangkir cokelat panas dapat menghangatkan tubuh Anda dan menambah energi.

Sekoteng

Jahe merupakan bahan alami yang dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mengandung efek penenang. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mengurangi efek flu dan batuk serta sakit tenggorokan yang sering terjadi di musim hujan. Makanya tak heran, minuman dengan campuran jahe seperti sekoteng, wedang ronde atau teh jahe jadi favorit di musim hujan.

Bajigur

Nama bajigur pasti akrab di telinga Anda. Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang juga menjual pisang rebus, ubi rebus dan kacang rebus. Sebenarnya bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda, namun warga Jakarta pun sudah lama mengenal minuman ini sebagai salah satu pilihan minuman penghangat di musim penghujan.

Bir Pletok

Musim hujan seperti ini enaknya duduk santai di beranda rumah sambil minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Mungkin bir pletok bisa menjadi pilihan Anda.

Minuman khas Betawi ini dijamin halal. Pasalnya, meski bernama ‘bir’ minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bir Betawi ini dibuat dari  rebusan beraneka rempah yang dapat menghangatkan tubuh antara lain; jahe, kayu manis, sereh, kopi dan kayu secang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: