Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

4 Perusahaan Start-Up Lokal Raih Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2015

351
Shell BSA 2015
foto : istimewa

Jakartakita.com – Sebanyak empat perusahaan start-up lokal yang digawangi para pengusaha muda pemula Indonesia, terpilih sebagai pemenang kompetisi Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2015 yang diumumkan di Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Untuk kategori Wirausaha  Muda Paling Berpotensi (Most Potential Start-up Business), terpilih sebagai juara pertama, Studio Hiji dari Tangerang, Banten yang diprakarsai Abie Abdillah. Untuk pemenang kedua, Dewan Juri memilih Oriflakes yang didirikan Suko Triyono dari Yogyakarta, sedangkan Crispy Ikan yang didirikan Aang Permana dari Cianjur menjadi pemenang ketiga.

Adapun satu perusahaan start-up, yakni Greena yang digawangi Nina Nuraniyah dari Bogor, terpilih sebagai pemenang untuk kategori Wirausaha Muda Paling Berdampak Positif (Most Impactful Start-up Business).

“Sektor usaha kecil dan menengah yang diprakarsai oleh para wirausaha lokal, telah terbukti menjadi sektor yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan dan kondisi ekonomi yang diwarnai oleh ketidakpastian. Dalam situasi seperti ini, keberadaan wirausaha lokal di berbagai daerah di Indonesia, sangat berkontribusi dalam menopang perekonomian negara. Konsumsi bahan baku oleh wirausaha local untuk proses produksi, khususnya yang berasal dari daerah setempat, akan mendorong terjadinya perputaran dana/uang di tingkat lokal, yang kemudian menciptakan efek pengali (multiplier effect) dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Presiden Direktur dan Country Chairman PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi.

“Kami bangga telah berhasil memilih 10 wirausaha muda pemula pilihan berpotensi yang saat ini telah berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan dan ikut terlibat dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi. Indonesia memerlukan lebih banyak lagi wirausahawan muda seperti mereka, dan Shell Indonesia melalui program Shell LiveWIRE, berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam membina wirausaha muda pemula; meningkatkan kualitas mereka agar mereka kelak menjadi pebisnis tangguh dengan bisnis-bisnis yang berdaya tahan dan berkelanjutan,” lanjut Darwin.

Pada penyelenggaraan di tahun 2015 ini, dari sepuluh perusahaan start-up yang menjadi finalis, Dewan Juri akhirnya menetapkan empat perusahaan pemula sebagai pemenang.

Asal tahu saja, sebagai bagian dari perusahaan energi global, Royal Dutch Shell, PT Shell Indonesia, sejak tahun 2006 menggelar kompetisi untuk mengembangkan wirausaha muda lokal melalui program bertajuk Shell LiveWIRE Business Start-up Awards. Program ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk meningkatkan jumlah wirausaha nasional.

Mengutip data di Kementrian Koperasi dan UKM, saat ini jumlah wirausaha nasional ada sebanyak 1,6 persen dari total populasi dan diharapkan dapat bertumbuh hingga 2 persen di tahun ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: