Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sartono, Sang Pencipta Lagu Hymne Guru

750
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com – Tahukah Anda dengan lirik lagu Hymne Guru berjudul “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” berikut ini?

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa

Lagu ini sedemikian populer. Bahkan di era delapan puluhuan, lagu ini wajib dinyanyikan oleh murid-murid sekolah dari SD hingga SMA setiap upacara bendera di sekolah. Istilah “pahlawan tanpa tanda jasa” bahkan kemudian menjadi ikon yang disematkan kepada para guru. Siapa sangka bila “sang pahlawan” yang tanpa tanda jasa itu sejatinya dialami si pencipta lagu tersebut.

Mungkin tak banyak yang tahu kalau pencipta lagu Hymne Guru adalah Sartono. Pria kelahiran Madiun, Jawa Timur, 29 Mei 1936 memulai kariernya sebagai guru seni musik pada tahun 1978. Ia adalah guru di sebuah yayasan swasta yang mengajar di SMP Katolik Santo Bernardus, Kota Madiun. Sartono sendiri purnatugas dari sekolah tersebut pada tahun 2002.

Walaupun penghasilannya dari pekerjaannya sebagai guru pas-pasan, kecintaannya pada musik membuat Sartono menciptakan beberapa buah lagu. Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional pada tahun 1980, Sartono mengikuti lomba mencipta lagu tentang pendidikan.

Selain lagu Hymne Guru, Sartono juga menghasilkan delapan lagu bertema pendidikan lainnya. Perhatiannya dalam dunia pendidikan dan pengabdiannya sebagai guru membuahkan penghargaan dari Mendikbud Yahya Muhaimin dan Dirjen Pendidikan Soedardji Darmodihardjo pada saat menciptakan lagu “Hymne Guru”.

Sartono tutup usia di Rumah Sakit Umum Daerah Madiun, pada tanggal 1 Nvember 2015 setelah menjalani perawatan sejak 20 Oktober lalu. Dia menderita sakit diabetes dan stroke.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: