Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kesepian Ternyata Bisa Memperpendek Usia

275
foto: istimewa
foto: istimewa

Jakartakita.com –  Apakah Anda kini hidup seorang diri dan merasa kesepian? Kalau iya, mungkin Anda haus mulai mempertimbangkan calon pendamping hidup agar Anda tidak kesepian lagi. Pasalnya, parah ahli menemukan ternyata kesepian berbahaya bagi kesehatan mental maupun fisik.

Menurut sebuah studi dalam jurnal the Proceedings of the National Academy of Sciences, seperti dilansir dari WebMD, hidup kesepian bisa memicu sel-sel di tubuh berubah, sehingga meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit atau bahkan hidup tak selama orang yang hidup bersama anggota keluarga atau kerabatnya

Dalam studi itu, para peneliti dari Universitas Chicago dan Universitas California meneliti 141 orang lansia. Mereka menemukan, kesendirian memicu respon perlawanan dalam tubuh, sehingga mempengaruhi produksi sel-sel darah putih dan akhirnya merusak sistem kekebalan tubuh.

Peneliti mengatakan, pada dasarnya, orang-orang yang kesepian memiliki sistem imun yang lebih lemah dan berisiko mengalami peradangan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tak kesepian.

Caroline Abrahams dari Age UK mengatakan, perasaan kesepian tak hanya membuat seseorang hidup menderita. Orang yang kesepian juga berarti lebih rentan terhadap banyak masalah kesehatan.

Dalam buku Loneliness, John Cacioppo, seorang psikolog di University of Chicago, mengatakan, rasa sakit saat kesepian mirip dengan ketersiksaan fisik. Kesepian bahkan menjadi pemicu nomor satu orang untuk bunuh diri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: